Deklarasi Pilkades Damai

 DEKLARASI: Calon Kades Batu Ampar melaksanaan deklarasi Pilkades damai di Kantor Camat Kedurang bersama unsur Muspika Kedurang, Senin (3/4).
DEKLARASI: Calon Kades Batu Ampar melaksanaan deklarasi Pilkades damai di Kantor Camat Kedurang bersama unsur Muspika Kedurang, Senin (3/4).

KEDURANG, BE – Mengingat pencoblosan pemilihan kepala daerah (Pilkades) untuk 15 desa di Bengkulu Selatan (BS) pada 3 Mei 2017, sudah semakin dekat, pihak kecamatan dan panitia pilkades sudah mematangkan persiapan, agar pilkades berjalan lancar tanpa hambatan. Salah satunya para calon kades menggelar deklarasi pilkades damai.

“Saat ini para calon kades sudah menggelar deklarasi pilkades damai. Harapannya pilkades ini berjalan aman dan terkendali tanpa ada permasalahan yang serius,” ujar Camat Kedurang, Rahmadan Syakirin MPd usai deklarasi pilkades damai di kantor Camat Kedurang, Senin (3/4).

Dua desa yang menggelar pilkades di Kecamatan tersebut adalah Desa Batu Ampar dengan calon kades 3 orang dan Desa Bumi Agung dengan calon kades 2 orang. Pelaksanaan deklarasi pilkades damai juga dihadiri Kapolsek dan Danramil, tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat.

Ditambahkan Rahmadan, dengan adanya deklarasi pilkades damai ini, diharapkan pelaksanaan pilkades di Kecamatannya berjalan lancar sesuai dengan isi dari deklarasi tersebut. Sebab dalam deklarasi itu, para calon kepala desa, sepakat untuk mengikuti pilkades tanpa gaduh. Mereka juga sudah sepakat untuk siap kalah dan siap menang.

“Harapan kami dengan deklarasi pilkades damai ini, siapapun calon yang kalah atau menang dapat menerimanya dengan baik tanpa membuat kericuhan,” harap Rahmadan.

Hal senada juga disampaikan Camat Pino Raya, Efredy Gunawan SSTP MSi. Di Pino Raya ada 1 desa yang akan menggelar pilkades pada 3 Mei nanti yakni Desa Padang Beriang. Peserta pilkades ada 4 calon dan mereka juga siap berdemokrasi dengan baik.

“Para calon kades siap mengikuti demokrasi dan mereka siap kalah dan siap menang,” ujarnya.

Ditambahkan Efredy, persiapan pilkades pada Desa Padang Beriang ini sudah hampir final. Sehingga saat ini panitia sedang mematangkan pelaksanaan pencoblosan, agar pada 3 Mei, tidak terjadi kendala.

Selanjutnya, sambung Efredy, selain desa ini, di Kecamatan Pino Raya, ada tiga desa yang akan menggelar pilkades pergantian antar waktu (PAW). Hal ini lantaran kades sebelumnya diberhentikan sebelum masa jabatannya habis. Sehingga dilakukan pemilihan untuk melanjutkan masa tugas kades sebelumnya hingga selesai. Ke -3 desa tersebut yakni Desa Tungkal Dua, lantaran kadesnya mengundurkan diri dan Desa Padang Serasan dan Desa Selali, lantaran kadesnya dipecat.

“Tiga kades lainnya akan menggelar Pilkades PAW pada 8 Mei 2017 dan saat ini panitia telah mempersiapkan pelaksanaan Pilkades tersebut,” demikian Efredy. (369)