Dandim RL Diganti

RIO-DANREM DIAPIT DANDIM RL BARU (Kanan)& YANG LAMA (kiri)

BENGKULU, BE – Gerbong mutasi di jajaran  Korem 041 Garuda Emas (Gamas) Bengkulu kembali terjadi. Kali ini yang terkena mutasi adalah Komandan Kodim (Dandim) 0409 Rejang Lebong, Letkol Kav Sugi Mulyanto SSos dimutasi menduduki jabatan Pabandaya 3/KOM KB TNI Spaban IV/Komsos Sterad. Sedangkan penggantinya adalah  Letkol Kav Hendra Setiawan SH yang sebelumnya menjabat sebagai Pabandya Ops Sopsdam II Sriwijaya. Serah terima jabatannya pun berlangsung khikmat dalam upacara militer yang dimpimpin Komandan Korem 041 Gamas Bengkulu, Kolonel Inf Fajar Budiman SIP di Balai Prajurit Korem, kemarin pagi (10/2).
Saat diwawancarai usai sertijab, Danrem mengatakan tugas utama yang diemban Dandim RL yang baru adalah menjaga keamanan di lingkungan wilayah Rejang Lebong, merangkul masyarakat dan membangun sinergitas dengan semua tokoh masyarakat hingga ke petinggi daerah.
“Jangan sampai lengah, amankan jalur lintas Binduriang dan rubah stigma yang ada di masyarakat tentang Binduriang selama ini menjadi lebih baik, lebih aman,” ujar Danrem.
Selanjutnya, Danrem meminta agar segera melakukan koordinasi ke pihak terkait, seperti tokoh agama, tokoh masyarakat, kepolisian dan bupati di wilayah tersebut agar dalam menjalankan tugas tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan atau kejadian yang diluar kendali.
“Silahkan langsung berkoordinasi kepada semua pihak untuk memperlancar tugasnya,” pintanya.
Disisi lain, Danren menyebutkan pihaknya cukup malu dikarenakan di jalur Binduriang masih terjadi tindakan kriminalitas. Kedepan, ia berharap kepada pejabat yang baru untuk merubah kondisi dari kurang aman menjadi aman.
“Lakukan deteksi dini dan perbaharui data mengenai aliran yang tumbuh dan berkembang di masyarakat,” bebernya.
Danrem juga menginstruksikan semua jajarannya untuk selalu waspada terhadap semua kemungkinan yang yang akan terjadi di wilayah tugasnya masing-masing. “Aliran-aliran kepercayaan wajib kita waspadai, apalagi ada koramil-koramil dan Babinsa, silahkan bina wilayah tugasnya masing-masing,” jelasnya.
Menurutnya, kedepan potensi gangguan dan ancaman akan semakin besar, jika terlambat melakukan antisipasi, maka akan menjadi acaman yang serius. Untuk itu, ia mengajak semua jajarannya untuk sigap dalam menangangi berbagai permasalahan.(400)