Dandim Percaya Informasi Media

sambutan DandimBERIKAN:Dandim saat memberikan sambutan kepada awak media di Makodim 0409 RL, kemarin

KEPAHIANG, BE – Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0409 Rejang Lebong, Letkol Kav Hendra S Nuryahya SH menyampaikan, dirinya mempercayai setiap pemberitaan yang dikeluarkan oleh media massa di Provinsi Bengkulu. Karena informasi yang diberitakan media massa condong merupakan sebuah fakta yang memiliki landasan hukum dari narasumber yang terpercaya.

“Setiap pemberitaan yang dikeluarkan media massa tentunya memikili narasumber yang jelas dan juga pastinya sudah melalui pertimbangan yang matang. Sehingga dalam hal ini saya selaku yang membawahi Kodim 0409 RL percaya dengan pemberitaan yang dikeluarkan oleh media massa,” sampai Dandim saat menggelar coffe morning dengan para wartawan daerah Curup, Lebong dan Kepahiang di ruang Rafflesia, Makodim Curup, Jumat (26/2) kemarin.

Dikatakannya, informasi yang diberitakan media massa tersebut akan disinkronkan dengan informasi yang diberikan anggota TNI di lapangan. Kemudian pihaknya baru mengambil tindakan atas informasi tersebut.

“Informasi disini tentunya terkait dengan keamanan dan pertahanan negara. Menurut kami adanya media massa sangat membantu TNI dalam bersinergi dengan masyarakat,” sampainya.
Menurutnya, dirinya juga mengajak wartawan yang ada di wilayah ketahanan Kodim 0409 RL, yakni Rejang Lebong, Lebong dan Kepahiang untuk bersinergi dengan TNI. Dandim menegaskan bahwa media massa adalah mitra TNI dalam menjaga keamanan dan ketertiban serta dalam memajukan daerah.

“Media juga dapat membangun opini di masyarakat, media juga mampu menggiring opini itu ke kiri atau ke kanan. Untuk itu kami mengajak media massa bersama-sama memberikan wawasan yang baik bagi masyarakat dan bersama membangun tiga daerah ini (RL, Lebong dan Kepahiang),” terang Dandim.

Dijelaskannya, media massa yang ada di tiga kabupaten tersebut juga diharapkan dapat memperkenalkan ragam masing-masing daerah ke tingkat nasional.

“Ayo perkenalkan Rejang Lebong, Lebong dan Kepahiang ini ke tingkat nasional, agar investor bisa datang ke kabupaten ini, seperti Polewali Mandar (Sulawesi Barat) itu, kabupaten tapi sudah banyak dikenal ditingkat nasional, cukup sering Kuta dengar dalam berita nama kabupaten itu, investor juga sudah banyak yang masuk ke sana,” jelasnya.

Disisi lain Ketua PWI Perwakilan Rejang Lebong, Lebong dan Kepahiang, Hasan Basri menyampaikan, pihaknya akan merangkul seluruh wartawan yang berada dibawah naungan PWI untuk turut serta dalam pembangunan di daerahnya masing-masing.

“Tentunya fungsi wartawan disini untuk menyampaikan pemberitaan yang benar dan sesuai dengan kode etik dan undang-undang pers. Seluruh wartawan akan tertib karena ada organisasi yang menaunginya, yakni dalam hal ini PWI,” sampai Hasan.(505)