Dana Parpol Belum Cair

KEPAHIANG, BE – Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kepahiang belum dapat memastikan kapan pencairan dana bantuan partai politik (parpol). Hanya saja pihak Kesbangpol saat ini sudah melakukan verifikasi berkas Parpol peserta Pemilu untuk disampaikan kepada pihak DPPKAD.

“Kita tidak dapat memastikan dana itu dicairkan kapan, akan tetapi kita proses verifikasi berkas laporan dari parpol sudah kita lakukan. Dan berkas tersebut akan kita usulkan ke DPPKAD dan kemudian merekalah yang berwenang mencairkan dana tersebut,” ujar Kakan Kesbangpol Zen Pinani SSos MSi kemarin.
Dikatakannya, masing-masing Parpol diharapkan jangan terlambat menyampaikan laporan pertanggungjawaban (LPj) penggunaan dana bantuan partai politik (Parpol) tahun anggaran sebelumnya. Hal ini akan berakibat bantuan Parpol untuk tahun anggaran berikutnya lambat dicairkan.
“Kita harapkan kepada pengurus parpol agar melengkapi laporan pertanggungjawaban penggunaan anggaran dana Parpol tersebut, agar kita bisa lakukan verifikasi perlengkapan laporannya,” katanya.
Menurutnya, dana Parpol biasanya dicairkan setiap per 8 bulan, tetapi kepastian pencairan tersebut masih menunggu proses verifikasi terlebih dahulu.
“Biasanya, setiap tahun pasti dicairkan, itu juga sesuai dengan usulan Parpol yang kita verifikasi. Kalaupun belum lengkap, verifikasi tertunda dan melengkapi terlebih dahulu,” tandasnya.(505)