Dana Infrastruktur Turun Drastis

Kadis PU Benteng, Drs Rachmat Riyanto (3) smallBENTENG, Bengkulu Ekspress – Pemangkasan anggaran tidak hanya dilakukan pemerintah pusat, tapi juga dilakukan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng). Tidak hanya untuk operasional pegawai, tapi juga untuk infrastruktur seperti jalan, jembatan, irigasi dan lainnya.

Pada tahun 2017 mendatang, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Benteng hanya diberikan anggaran sekitar Rp 93 miliar untuk membangun infrastruktur. Jumlah tersebut turun drastis dibandingkan tahun 2016 ini yang mencapai Rp 184 miliar.

“Tadi kami baru sudah menggelar rapat internal di Pemkab Benteng dan diketahui bahwa pagu anggaran sementara untuk Dinas PU Kabupaten Benteng tahun 2017 adalah sekitar Rp 93 miliar,” kata Kepala Dinas PU Benteng, Drs H Rachmat Rianto, kemarin.

Kendati demikian, ia memastikan bahwa pihaknya akan merealisasikan dana tersebut tepat sasaran dan sesuai kebutuhan masyarakat. Untuk itu, pihaknya pun akan segera melakukan rapat internal untuk membahas target proyek yang akan dikerjakan pada tahun 2017 mendatang.

“Inilah kondisi real yang harus diterima. Kami akan kaji lebih intensif dan menentukan kegiatan mana yang merupakan skala prioritas,” tambah mantan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) ini.

Sesuai dengan perencanaan, salah satu prioritas yang harus dikerjakan adalah pembangunan infrastruktur jalan kabupaten yang belum tuntas ditahun 2016 ini.

“Yang pastinya, kita lanjutkan dahulu pembangunan jalan yang terpotong ditahun 2016 ini, setelah itu barulah kita gelontorkan dana untuk pembangunan jalan lain,” terangnya.

Ditanya mengenai serapan anggaran tahun 2016 ini, Rachmat mengaku bahwa saat ini seluruh pembangunan telah dilakukan sesuai rencana dan ditargetkan akan tuntas keseluruhan pada akhir bulan November ini.

“Dari laporan yang diterima, pada triwulan ke-3 tahun 2016 ini pembangunan sudah dilakukan sebanyak 60 persen. Kita targetkan akhir November semuanya sudah tuntas,” demikian Rachmat.(135)