Dana Desa Bisa Jadikan Warga Bengkulu Selatan Juragan Kambing

bupati-ajak-kades-ternak-kambing-small
IMBAU: Bupati Bengkulu Selatan Imbau para kades gunakan ADD dan DD untuk kesejahteraan rakyat , Senin (14/11).

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Saat ini setiap desa di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) memiliki alokasi dana desa (ADD) dan dana desa (DD) yang besarannya hingga Rp 1 Miliar. Jika dana tersebut dikelola dengan baik untuk kesejahteraan masyarakat desa, maka dipastikan beberapa tahun ke depan warga BS akan sejahtera. Bahkan jika dibelikan kambing, warga Bengkulu Selatan semuanya akan menjadi juragan kambing.

“Kalau pemerintahan desa serius mengolah ADD dan DD untuk kesejahteraan warganya. Coba sekitar 50 persen dibelikan kambing, maka semua warga Bengkulu Selatan di pedesaan akan menjadi juragan kambing,” kata Bupati Bengkulu Selatan, H Dirwan Mahmud S saat memberikan pengarahan pada semua kades di Gedung Pemuda, Senin (14/11).

Menurut Bupati, selama ini para kades cenderung hanya melaksanakan bangunan fisik saja dari DD tersebut. kedepan dirinya minta agar 50 persen dari DD bisa digunakan untuk menggerakan ekonomi kreatif.

“Setiap desa punya DD sekitar Rp 1 M, kemudian 50 persennya yakni Rp 500 juta dibelikan kambing dengan harga Rp 1 juta per ekor, maka kambing yang didapat 500 ekor. Jika warga di desa itu ada 500 kepala keluarga (KK), maka setiap tahun akan dapat 1 ekor kambing, jika lima tahun, pasti punya 5 ekor kambing masing-masing KK,” ujar Dirwan.

Untuk itu, sambung Bupati, mulai tahun 2017 penggunaan DD dan ADD harus diarahkan para ekonomi kreatif warga, kemudian masing-masing desa membentuk badan usaha milik desa (Bumdes). Dengan begitu Bumdes tersebut akan menggelola dan menggerakan ekonomi kreatif di masing-masing desa. Supaya kuat, Bupati mengatakan Bumdes akan dibuatkan payung hukumnya berupa peraturan bupati (Perbup).

“Mari kita mulai di tahun 2017 ini penggunaan ADD dan DD untuk menggerakan ekonomi rakyat, saya yakin lima tahun ke depan, tidak ada lagi warga Bengkulu Selatan yang miskin,” harap Bupati.

Sementara itu, Kepala Desa Palak Bengkerung, Sultani Adri SE menyambut baik rencana Bupati tersebut. Dirinya mengaku siap mengalokasikan dana ADD dan DD 50 persen untuk ekonomi kreatif. Namun dirinya mengharapkan bimbingan dan arahan agar rencana tersebut tercapai dan harapan Bupati mewujudkan Bengkulu Selatan Elok, Maju, Aman dan Sejahtera (EMAS) terwujud.

“Saya mendukung program pak Bupati, saya mengharapkan bimbingan dan arahan untuk melaksanaan program tersebut,” ujar Sultani Adri. (369)