Dana Bagi Hasil Lebihi Target

MUKOMUKO, BE – Tahun 2014, merupakan tahun yang cukup baik bagi Pemerintah Kabupaten Mukomuko. Khususnya dibidang pendapatan melalui bagi hasil dari Provinsi Bengkulu. Ini dibuktikan,  dari target Rp 16.790 miliar lebih, terhitung September lalu sudah mencapai Rp 17.769 miliar lebih. “Tahun ini, bagi hasil dari provinsi mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Dari Pagu Rp 16.790 miliar lebih telah tercapai Rp 17.769 miliar lebih,” demikian Kepala Dinas Pendapatan dan Kekayaan Daerah (DPKD) Kabupaten Mukomuko, Syahrizal dikonfirmasi Bengkulu Ekspress.
Meskipun sudah melebihi target, angka itu  belum final karena masih ada sisa yang belum dicairkan untuk triwulan keempat tahun ini. Dalam waktu dekat, dana itu segera dijemput ke provinsi. “Dana bagi hasil dari provinsi itu diantaranya, pajak kendaraan bermotor,  air permukaan, pajak bagi hasil  rokok, pajak bahan bakar kendaraan, balik nama kendaraan bermotor dan beberapa sumber pajak lainnya,” paparnya.
Meningkatnya pendapatan bagi hasil itu, kata Syahrizal,selain kesadaran masyarakat dalam membayar pajak tinggi , dan kerja keras dari pemerintah daerah. Sementara itu untuk bagi hasil pajak dari pemerintah pusat berupa DBH PPH dan PBB sebesar Rp 19 miliar lebih. Hingga September, yang telah masuk sekitar 90 persen. Sedangkan sisanya masih menunggu sebelum tahun ini berakhir. tahun 2015 mendatang, bagi hasil dari pusat mengalami peningkatan menjadi Rp20.916 miliar atau meningkat sekitar 1,9 miliar dari Tahun 2014.
“Peningkatan pajak bagi hasil yang diterima daerah ini. Tidak lain adanya peran serta semua elemen masyarakat dan potensi yang ada. Sehingga bagi hasil setiap tahun mengalami peningkatan,” harapnya. Dari pajak bagi hasil yang diperoleh, lanjut Syahrizal, tidak lain untuk kepentingan daerah dan masyarakat.  Seperti untuk dibangunannya  semua bidang infrastruktur yang disesuaikan dengan kebutuhan. Supaya daerah ini terus mengalami perkembangan dan peningkatan hingga masyarakat pun lebih sejahtera. (900)