Damkar Usulkan Rp 7 Miliar

DamkarBENTENG, Bengkulu Ekspress – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) mengajukan bantuan ke pemerintah pusat yang cukup besar, yakni mencapai Rp 7 miliar.

Kepala Dinas (Kadis) Damkar Kabupaten Benteng, Zamzami Syafi’i SIP MSi melalui Kasi Sarana dan Prasarana, Sofyan Okat SIP mengatakan, dana tersebut untuk pembangunan kantor yang membutuhkan anggaran mencapai Rp 2,5 miliar, pembangunan pos WMK di Taba Penanjung dan Merigi Sakti senilai Rp 600 juta, pengadaan 2 unit mobil damkar sebesar Rp 2,8 miliar, pengadaan kendaraan support operasional (mobil rescue) senilai Rp 900 juta, pengadaan alat proteksi petugas sebanyak 1 paket dengan nilai Rp 200 juta, tandom air sebanyak 2 unit senilai Rp 18 juta serta hydrent air sebanyak 1 unit sebesar Rp 23,5 juta.

“Tahun 2017 ini, Dinas Damkar Kabupaten Benteng sama sekali tidak mendapatkan suntikan dari dana alokasi khusus (DAK). Mengingat masih banyaknya kebutuhan sarana dan prasarana yang dibutuhkan, kita mengusulkan bantuan senilai Rp 7 miliar ke pemerintah pusat,” kata Okat.

Lebih lanjut dijelaskan Okat, pihaknya akan berupaya keras dan terus melakukan koordinasi ke pemerintah pusat agar bantuan tersebut bisa dikucurkan.

“Meskipun tidak diakomodir sepenuhnya. Kita harap, beberapa kebutuhan yang dianggap lebih mendesak bisa disalurkan. Seperti tambahan armada dan pembangunan kantor,” pintanya.

Selain usulan ke pemerintah pusat, pihaknya juga akan mengusulkan penambahan armada melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Perubahan tahun 2017 nanti. Pihaknya berencana untuk mengusulkan 1 (satu) unit armada berupa kendaraan bermotor yang telah dimodifikasi secara khsusus.

“Dalam APBD-P tahun 2017 ini, kita mengusulkan adanya kendaraan resque berupa sepeda motor. Dengan anggaran sebesar Rp 150 juta, kendaraan tersebut akan dilengkapi dengan 2 (dua) unit mesin penyedot air serta peralatan semprot air,” bebernya.(135)