Daftar Tunggu JCH 10 Tahun

HajiMUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Meskipun mulai tahun 2017 ini, kuota pemberangkatan jemaah calon haji (JCH), khususnya di Kabupaten Mukomuko, bertambah.  Namun untuk daftar tunggu masih  selama10 tahun ke depan atau hingga tahun 2028. Pasalnya,  jumlah JCH yang telah masuk  daftar tunggu mencapai 1.986 orang.

“Daftar tunggu JCH asal Kabupaten Mukomuko mencapai 1.986 orang,” ungkap Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Mukomuko,  H Ajamalus MH melalui Kepala Bidang Penyelenggara Haji, Syukron MPd dikonfirmasi Bengkulu Ekspress. Perkiraan massa tunggu  ibadah haji itu berlaku hampir di seluruh daerah di Indonesia, termasuk Mukomuko. Tahun ini kuota  178 yang sebelumnya 175 dan pernah dipotong 20 persen ketika ada renovasi di Makkah.

“Meskipun sudah  adanya penambahan kuota. Untuk daftar tunggu masih cukup panjang.   Ini juga sama dengan daerah – daerah lainnya,” bebernya.

Menurutnya, bertahun – tahun masa tunggu  tersebut menunjukan bahwa niat masyarakat di daerah ini untuk menunaikan ibadah haji sangat tinggi dan masyarakat ikhlas meskipun harus menunggu bertahun – tahun.

“Ini menunjukan  niat masyarakat kita tinggi untuk menjalankan  ibadah ke tanah suci,” ujarnya. Meskipun masa  tunggu hingga 10 tahun, Syukron menegaskan, tidak ada batasan bagi siapapun yang akan mendaftar.

“Tidak ada batasan bagi warga yang mendaftar  dan  akan kita layani dengan maksimal. Tetapi JCH yang bersangkutan bersabar, karena pemberangkatan setiap tahunnya  secara bertahap yang dikarenakan  kuota terbatas,” ungkapnya. (900)