Daftar Tunggu CJH Ribuan Orang

haji
BUDI/Bengkulu Ekspress. PELETAKAN BATU PERTAMA: Bupati Mukomuko didampingi Kepala BPBD ketika melakukan peletakan batu pertama salah satu pembangunan di daerah tersebut

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Pendaftar Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Mukomuko hingga kemarin (11/11), mencapai  1.778 orang dan masuk ke dalam daftar tunggu pemberangkatan ke tanah suci hingga tahun 2029 mendatang.

”Daftar tunggu CJH di daerah kita terus bertambah. Dan tidak menutup kemungkinan hingga akhir tahun ini mencapai 2 ribu lebih,” ujar Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Mukomuko melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah, Widodo SHi dikonfirmasi Bengkulu Ekspress.

Rencana keberangkatan ribuan CJH hingga 2029 itu,  jajaran Kemenag masih berpedoman hitungan 140 kuota/tahun. Jika kuota haji nantinya kembali keawal mencapai 175, maka keberangkatan CJH lebih cepat.

“Keberangkatan hingga 2029 diprediksi tahun ini. Jika ada kebijakan pemerintah pusat. Harapan kita kuotanya bertambah setiap tahun,” ujarnya.

Meskipun panjangnya daftar tunggu dan harus menunggu bertahun – tahun, namun bukan menjadi masalah untuk menunaikan rukun Islam yang kelima tersebut. Pihaknya tidak membatasi siapapun masyarakat yang ingin mendaftar.

“Bagi masyarakat yang sudah siap berkemampuan secara materi, sebaiknya mendaftarkan diri dan pihaknya tidak membatasi  umat muslim  untuk menunaikan ibadah di tanah suci,” ungkapnya. (900)