Cuma 2 Sekolah Siap UNBK

Zakaria Effendi (Kadis Dispendik RL)

CURUP, BE – Meskipun pada tahun 2016 ini, pemerintah akan mulai menerapkan ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Di Rejang Lebong baru ada dua sekolah yang bisa menerapkan UNBK.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Rejang Lebong, Zakaria Effendi MPd, dua sekolah yang sudah bisa menerapkan UNBK tersebut adalah SMA Negeri 1 Curup Timur dan SMK Negeri 1 Curup Timur.

“Selain kedua sekolah tersebut, masih menggunakan sistem LJK,” jelas Zakaria.

Masih menurut Zakaria, mayoritas sekolah yang ada di Rejang Lebong belum bisa melaksanakan UNBK ini karena masih terkendala oleh sarana dan prasarana. Sarana dan prasarana yang ia maksud mulai dari perlengkapan komputer sendiri hingga fasilitas pendukung lainnya seperti jaringan.

Sedangkan untuk dua sekolah yang telah siap melaksanakan UNBK tersebut lantaran sarana dan prasarana sudah memadai. Beberapa sarana dan prasarana yang dimiliki dua sekolah tersebut mulai dari sarana prasarana komputer, ruangan, jaringan internet hingga aplikasi yang digunakan.

“Untuk penerapan UNBK didua sekolah tersebut saat ini mereka masih melakukan pelatihan dan tatacara aplikasi yang akan digunakan dalam UN mendatang,” tambah Zakaria.

Di sisi lain terkait dengan standar kelulusan ujian nasional pada tahun 2016 ini. Menurut Zakaria akan dikembalikan ke sekolah masing-masing. Sedangkan untuk persiapan sendiri, Zakaria mengaku bila saat ini pihaknya masih melakukan pendataan terkait dengan jumlah pelajar yang akan mengikuti ujian nasional di Rejang Lebong pada tahun 2016 ini.

Untuk diketahui pelaksanaan ujian nasional tingkat SMA akan dilaksanakan pada tanggal 4 hingga 6 April 2016. Kemudian untuk tingkat SMP akan dilaksanakan pada tanggal 9 hingga 12 Mei 2016 dan tingkat SD tanggal 16 hingga19 Mei 2016. (251)