Cukup Rp 5 Ribu Bisa Miliki Emas

Busra kepala pegadaian bengkulu
REWA/Bengkulu Ekspress Pimpinan PT Pegadaian Persero Cabang Bengkulu, Busra Adrianto saat menyampaikan materi pada Workshop mengenal OJK dan Industri Jasa Keuangan di Hotel Santika Bengkulu, Rabu (20/9).

Program Menabung Emas PT Pegadaian

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – PT Pegadaian (Persero), baik konvensional dan syariah menawarkan tabungan emas mulai Rp 5.000. Tabungan Emas ini merupakan salah satu program yang tengah digencarkan oleh PT Pegadaian ke Masyarakat.

Pimpinan PT Pegadaian Persero Cabang Bengkulu, Busra Adrianto mengatakan, meski memiliki berbagai produk kepemilikan emas dengan berbagai macam cara, Pegadaian tetap tidak lepas dari core business selama ini yaitu produk gadai. Produk gadai yang menjadi core business sejak perusahaan ini dilahirkan memang merupakan produk pembiayaan.

“Namun Pegadaian juga memiliki produk tabungan emas dan ini merupakan investasi yang kami tawarkan ke masyarakat,” ungkap Busra pada Workshop mengenal OJK dan Industri Jasa Keuangan di Hotel Santika Bengkulu, Rabu (20/9).

Dijelaskan Busra, produk investasi tabungan emas ini merupakan jawaban keinginan sebagian besar konsumen yang menginginkan agar Pegadaian juga memiliki produk tabungan. Tabungan emas adalah menabung untuk memiliki emas dengan cara yang sangat terjangkau. Ia menjelaskan, tabungan emas adalah produk tabungan uang yang dikonversikan ke rupiah. Caranya sangat mudah, nasabah tinggal membuka rekening senilai Rp17.000 dengan rincian untuk tabungan sebesar Rp5.000, materai Rp6.000 dan biaya administrasi Rp6.000. Nilai tabungan sebesar Rp6.000 tersebut langsung dikonversikan emas 0,01 gram.

“Nasabah bisa menabung minimal Rp5.000 untuk nilai emas terkecil 0,01 gram atau sesuai harga yang berlaku. Hari ini nilai emas yang berlaku adalah Rp5.350 untuk 0,01 gram,” jelas Busra.

Dikatakan Busra, untuk saat ini biaya administrasi yang dibebankan kepada nasabah hanya Rp30.000 untuk setahun. Selain itu, tabungan emas ini bisa sewaktu-waktu bisa diuangkan dengan nilai sesuai harga beli dari Pegadaian. Namun jika nasabah menginginkan emas yang mereka tabung dicetak, maka ada biaya pencetakan minimal Rp111.000 untuk 5 gram emas. Nilai pencetakan juga menyesuaikan berat masing-masing emas milik nasabah.

“Untuk mengeceknya cuku mudah, tinggal unduh aplikasi Sahabat Pegadaian di android masing-masing. Tinggal lihat di aplikasi tersebut, berapa harga yang berlaku,” tukas Busra.(rwa)