CSR Grup Astra Wilayah Bengkulu, RW 03 Lempuing Menjadi KBA ke-55 se-Indonesia

Astra Motor Bengkulu
PROGRAM CRS: Wakil Walikota Bengkulu Ir Patrianas Sosialinda bersama Ketua AFFCO Bengkulu Thamsir Sutrisno ST, foto bersama setelah menandatangani MoU KBA.(Foto ERICK/BE).

BENGKULU, BE – Rukun Warga (RW) 03 Kelurahan Lempuing Kota Bengkulu, kemarin (20/5) secara resmi dijadikan oleh Grup Astra Wilayah Bengkulu dibawah naungan PT Astra International Tbk, menjadi Kampung Berseri Astra (KBA) ke-55 tersebar di Indonesia.

Kampung Berseri Astra (KBA) merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) Astra yang diimplementasikan kepada masyarakat dengan konsep pengembangan mengintegrasikan 4 pilar program CSR yaitu Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan, dan Kesehatan.

Melalui program KBA ini masyarakat dan perusahaan dapat berkolaborasi untuk bersama mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas dan produktif. Dalam penerapan KBA, terdapat tingkatan pencapaian status (Stage) yang berhasil diimplementasikan dalam suatu wilayah. Tingkatan pencapaian status tersebut akan dievaluasi setiap tahunnya dan pencapaian terbaik akan diberikan apresiasi.

Kegiatan ini telah dilaksankan sejak tahun 2013 yang lalu. Sejak itu juga PT Astra International Tbk telah memiliki 50 KBA yang tersebar di 16 provinsi dan diharapkan pada tahun 2018 sudah tersebar di 34 provinsi di Indonesia.

Untuk itu Astra, melakukan pemilihan calon KBA untuk provinsi Sumatera Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Lampung, Nanggroe Aceh Darussalam, Jambi, Bengkulu, Riau, Kepulauan Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Gorontalo, Kalimantan Utara, Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Tengah, Papua Barat dan Kalimantan Selatan. Dalam peresmian KBA kemarin, dihadiri oleh Kadisperindag Dewi Rusli, Camat Ratu Agung, Lurah Lempuing Sayuti SSOs, Ketua LPM, General Manager harian Bengkulu Ekspress Suherdi Marabillie, Manajer Iklan Bengkulu Ekspress Hadi Nurrahman, jajaran Polsek Ratu Agung dan jajaran Koramil setempat serta tamu undangan lainnya.

Ketua ASTRA AFFILIATED COMPANY (AFFCO) Bengkulu Thamsir Sutrisno ST, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang pertama kali dilakukan di Bengkulu di program KBA. Untuk itulah, karena kegiatan ini baru dimulai dari awal atau nol. Untuk itu, baru satu RW yang diambil. “Setelah kita bekerjasama dengan pihak Disperindag Kota Bengkulu, akhirnya RW Lempuing yang memang dibutuhkan untuk program ini,” jelasnya, kemarin (20/5).

Thamsir menambahkan, karena kegiatan KBS ini adalah kegiatan pertama, sehingga pihaknya menargetkan program CSR KBA yang dibuat di Kelurahan Lempuing bisa masuk ke dalam stage 3 dari 5 stage yang ada. Dimana dalam stage tiga itu, kampung yang dijadikan sebagai KBS mampu mencapai seperti di Pendidikan 86-90 persen Masyarakat Bebas Buta Aksara, Angka Partisipasi Usia Sekolah sampai 80 persen dan pendidikannya mampu berprestasi Level Kota atau Kabupaten. “Sesuai dengan pesan Wakil Walikota Kita ibu Sosialinda, kit akan memfokuskan ke Pendidikan terutama pendidikan anak-anak,” sampaiannya.

Sementara untuk bidang yang lainnya yaitu di bidang Kewirausahaan bisa menjadikan masyarakat yang terlibat dalam kelompok usaha 16 sampai 20 orang, Peningkatan Jumlah Pendapatan Anggota Kelompok Usaha 21 – 24 persen dan Inisiasi Pembentukan Koperasi. Untuk Bidang KBM yang dibuat mampu membuat 3 Zona Penghijauan Lingkungan, terdapat 9-12 orang kader lingkungan dan juga mampu berprestasi baik di level Kota atau Kabupaten.

Sementara bidang yang terakhir yang masuk dalam CSR yaitu Kesehatan, diharapkan masyarakatnya bisa bebas gizi buruk hingga 75-80 persen, bisa menjadikan Posyandunya menjadi Posyandu tingkat purnama dan terjadinya pembinaan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) kepada 51-65 persen warga yang ada di RW 03.

“Barulah nantinya kita memikirkan untuk ke Stage 5, dimana masyarakat diharapkan sudah mandiri dalam meningkatkan kualitas kehidupan dengan melaksanakan kegiatan pengembangandari 4 bidang tadi,” sampaiannya.

Mendukung persemian KBS ini, pihak Astra Grup Bengkulu, melaksnakan berbagai kegiatan lainnya seperti pemasangan WiFi gratis di RW 03, membuat perpustakaan umum yang buku-bukunya sumbangan dari seluruh karyawan Astra Grup Bengkulu, Pengobatan dan pemeriksaan gratis, Penjualan bahan pokok murah dan pameran grup Astra dan service gratis sepeda motor Honda. “Untuk itulah seperti WiFi, perpustakaan dan yang lainnya, silahkan dinikmati oleh masyarakat,” ucapnya.

Sementara Wakil Walikota Bengkulu Ir Patriana Sosialinda, sangat mengapresiasi dan berterima kasih yang sangat luar biasa atas kegiatan yang dibuat oleh Astra Grup Bengkulu, atas empati mereka kepada masyarakat Bengkulu yang menjawab persoalan-persoalan bangsa saat ini. Karena dalam melakukan pembangunan tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah saja, tetapi harus ada kerjasama dari semua lini. “Apa yang dilaksankan oleh Astra Grup Bengkulu, mari kita bergandengan tangan untuk gotong royong, sehingga hasilnya lebih maksimal,” sampaianya.

Untuk itulah, dirinya berpesan kepada semua masyarakat Kota Bengkulu, ketika ada uluran tangan yang baik dari semua pihak, untuk bisa menyambutnya dengan baik karena uluran tangan dari semua kalangan seperti dari Astra Grup Bengkulu ini, bisa dipastikan dapat membawa hal yang sangat positif. “Semoga saja apa yang dilakukan oleh Astra Grup Bengkulu, bisa membawa berkah dan manfaat untuk masyarakat Lempuing,” harapannya.(614)