Coki Kapolda Bengkulu, Yovianes ke Mabes

Brigjend Pol Coki Manurung
Brigjend Pol Coki Manurung

BENGKULU, BE – Baru sekitar 7 bulan menjabat sebagai Kapolda Bengkulu, Brigjen Pol Drs Yovianes Mahar kembali dimutasi. Hal tersebut sesuai dengan TR Kapolri 18 April 2017 ini.

Dari 127 perwira berpangkat AKBP, Kombes Pol, Brigjend Pol, hingga Irjen Pol, terselip nama Brigjend Pol Drs Yovianes Mahar ditarik ke Mabes Polri untuk menempati posisi sebagai staf ahli Kapolri. Posisinya digantikan oleh Brigjend Pol Coki Manurung yang sebelumnya menjabat sebagai Karowabprof Div Propam Mabes Polri.

Saat dihubungi, terkait mutasi ini, Kabid Humas Polda Bengkulu, AKBP Sudarno mengaku sudah menerima TR Kapolri bernomor ST/1034/IV/2017 tertanggal 18 April 2017. Ia mengaku hal tersebut pun telah disampikan ke Kapolda Bengkulu.

Mengenai jadwal sertijab, Kabid Humas mengaku, paling lambat 14 hari kedepan. Senan, saat ini mereka masih fokus dengan sejumlah agenda lain. “Kemungkinan sertijab selambatnya akan dilakukan dalam 14 hari ke depan, saat ini kita masih fokus dengan beberapa agenda terlebih dahulu,” terangnya, kemarin (18/4).

Menanggapi pergantian pimpinannya itu, AKBP Sudarno menjawab secara diplomatis. Menurutnya, pergantian seperti ini memang sudah menjadi tradisi di jajaran tubuh Polri, sehingga apa yang terjadi saat ini suatu hal yang biasa, bahkan bisa menjadi momentum yang lebih baik lagi kedepannya nanti.

“Tidak ada masalah dengan roling jabatan ini karena setiap tahun memang seperti ini yang terjadi, jadi akan kita laksanakan karena itu perintah Kapolri,” ucapnya.

Ia menjelaskan, meskipun Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Yovianes belum genap menjabat 1 tahun, tetapi sudah banyak prestasi dan gagasan yang membangun yang membuat satuan anggota Polri lebih baik dari sebelumnya khususnya untuk wilayah di Provinsi Bengkulu.

“Saat ini yang terpenting kita ucapkan selamat bertugas ditempat yang baru buat Kapolda Brigjen Pol Yovianes Mahar, semoga lebih sukses dan selamat datang buat Kapolda Bengkulu yang baru yaitu Brigjend Pol Coki Manurung,” tutupnya.
Sementara itu, berdasarkan data dihimpun BE, Brigjen Pol Coki Manurung merupakan pria kelahiran 10 Februari 1961, dan lulusan Akpol tahun 1986. Tahun 2005, Coki Manurung menjabat Kapolres Bojonegoro, Jawa Timur, tahun 2007 oromosi menjadi Direktur Narkoba Polda Jatim (Pangkat jadi Kombes Pol). Kemudian 2008 menjabat Kabag UM Rorenmin Bareskrim Polri.

Lalu, 25 Agustus 2010, dipercaya menjadi Kapolrestabes Surabaya menggantikan Kombes Pol Ikke Edwin. Saat itu Kapolda Jatim juga berganti dari Irjen Pol Pratiknyo kepada Irjen Pol Drs Badrodin Haiti (sekarang Kapolri).

10 Februari 2012 Kombes Coki Manurung ditarik ke Jakarta untuk mengikuti Lemhanas, dan 3 September 2015 Kombes Pol Coki Manurung dimutasi Kabagjianjemenkam jadi Pamen Bareskrim (Penugasan pada BNN).

Selanjutnya, 20 Oktober 2015 pangkat Coki Manurung naik dari Kombes menjadi Brigjen dengan jabatan Direktur Pemberdayaan Alternatif Deputi Bidang Pemberdayaan Masyarakat Badan Narkotika Nasional (BNN). Kemudian terbaru, dipercaya menjabat sebagai Kapolda Bengkulu.(529/***)