Ciptakan Suasana Puasa Aman

tutup (2)
ERICK/BE
TUTUP : Tampak terlihat warung atau rumah makan di kawasan Muara Aman tidak beroperasi di hari pertama puasa

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Selama bulan suci Ramadhan, Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Disatpol PP) Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu, akan melakukan patroli baik siang dan malam, terutama tempat warung makan serta tempat yang diduga menjadi kawasan mesum dan mabuk-mabukan. Hal ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan kekhusukan umat islam dalam menjalankan ibadah Puasa.

Kepala Dinas Satpol PP Kabupaten Lebong  Provinsi Bengkulu, Zainal Husni Toha SH MM, mengatakan bahwa sebelumnya telah ada imbauan agar para pengusaha warung makan dan hiburan malam untuk bisa saling menghormati masyarakat yang sedang menjalankan ibadah puasa. Untuk itulah para pengusaha bisa sedikit mengurangi aktifitas usahanya.

“Surat imbauannya telah disampaikan kepada seluruh pengusaha warung makan serta pemilik hiburan malam,” jelasnya, kemarin (17/05).

Dimana dalam himbauan tersebut, para pengusaha warung makan atau sebagainya, ketika membuka usaha pada siang hari agar tidak terlihat dari luar aktifitas makan di dalam warung makan, dengan cara menutupnya dengan menggunakan kain atau yang lainnya. Sementara itu, untuk pengusaha hiburan malam, agar tidak melakukan aktifitasnya selama bulan suci ramadan. “Karena kita tidak ingin merusak kekhusukan masyarakat yang selama 1 bulan ini menjalankan ibadah puasa,” sampainya.

Telah disampaikannya himbauan kepada pengusaha warung makan maupun hiburan malam, maka untuk memastikan himbauan tersebut ditaati maka anggota Sat Pol PP akan selalu berkeliling setiap harinya, baik siang maupun malam. “Jika kita mendapati masih ada yang melanggar maka akan kita kenakan sangsi baik itu teguran maupun penutupan usaha,” tegasnya.

Selain itu, kawasan yang selama ini diduga dijadikan tempat bermaksiat maupun mabuk-mabukan, baik itu tempat hiburan malam maupun kawasan-kawasan yang dijadikan markas untuk melaksnakan aktifitas maksiat atau mabu-mabukan, nantinya juga akan dilakukan patroli. Hal ini karena Disatpol PP Lebong Provinsi Bengkulu ingin menciptakan suasana yang aman dan nyaman serta khusuk selama bulan suci ramadan.

“Untuk itu, kami meminta kepada seluruh warga Lebong untuk bisa saling menghormati dan mematuhi seluruh aturan yang telah ada,” himbaunya.(614)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*