Caretaker Bupati MM Siap Salurkan Raskin

BENGKULU, BE – Ini kabar gembira bagi masyarakat Mukomuko khususnya keluarga kurang mampu yang membutuhkan bantuan berupa beras miskin (Raskin). Setelah sekian tahun ditolak oleh Bupati Ichwan Yunus, kini Caretaker Bupati Mukomuko Tarmizi BSc SSos siap menyalurkan Raskin tersebut sesuai dengan permintaan masyarakat. Hal ini sejalan dengan janji Gubernur Bengkulu H Junaidi Hamsyah beberapa waktu lalu, bahwa Divre Bulog Bengkulu terjadi penumpukan beras miskin yang cukup banyak, karena Pemerintah Kabupaten Mukomuko selalu menolaknya. Hasilnya, beras bantuan dari pemerintah pusat tersebut kembali lagi ke pusat karena tidak bisa disalurkan ke kabupaten lain.

“Pada dasarnya saya siap menyalurkan Raskin, namun nanti dilihat dulu kondisi di Mukomuko seperti apa. Kalau sekarang terus terang saya belum tahu kondisinya, karena sudah sekian tahun tidak ada Raskin,” kata Tarmizi kepada BE usai dilantik, kemarin (15/10).

Jika masyarakat menginginkan, ia menyambut baik hal tersebut, karena pemerintahan yang baik memang harus mengakomodir kebutuhan masyarakatnya.

“Kalau masyarakat tidak membutuhkan atau tidak menginginkannya, tidak kita paksakan. Karena percuma saja disalurkan kalau nanti tidak dimanfaatkan,” tukasnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Provinsi Bengkulu dari daerah pemilihan Mukomuko, Ir Muharamin menyambut baik keinginan penjabat bupati Mukomuko tersebut yang berencana kembali menyalurkan Raskin. Sebab, hingga saat ini tidak sedikit masyarakat yang membutuhkan Raskin tersebut, terlebih dalam kondisi krisis dan kemarau panjang seperti ini.

“Masyarakat Mukomuko memang banyak yang mampu dan tidak membutuhkan Raskin, tapi tidak sedikit pula yang hidup dalam kekurangan. Kalau sekarang diberikan raskin sangat tepat sekali, karena masyarakat sendiri tidak bisa menggarap sawahnya karena air kering akibat kemarau,” terangnya.

Selain itu, lanjutnya, masyarakat Mukomuko saat ini memang sangat membutuhkan uluran tangan dari pemerintah, terlebih harga tandan buah segar sawit dan karet anjlok sejak beberapa bulan belakangan ini tak kunjung naik.

“Dengan adanya raskin, saya kira sangat membantu masyarakat kalangan bawah. Sebab, harganya jauh dibawah harga beras biasa menembus angka Rp 150 ribu perkalengnya. Jadi saya berharap jangan lama-lama lagi, silahkan salkurkan raskin,” pintanya.
Sementara itu, Mantan Bupati Mukomuko tidak keberatan jika Tarmizi kembali menyalurkan raskin untuk masyarakat Mukomuko.

“Silahkan saja dan saya serahkan sepenuhnya kepada penjabat bupati,” ujar Ikhwan usai menghadiri pelantikan pejabat bupati Mukomuko, kemarin.
Ikhwan pun tak menampik menolak bantuan beras miskin dari pemerintah dengan alasan berpotensi menimbulkan konflik dan polemik dimasyarakat. “Bila dianggap perlu untuk di jalankan oleh penjabat yang baru silahkan saja, karena saya sudah berada diluar birokrasi,” imbuhnya. (400)