Camat Diminta Berperan Aktif Dalam Pembangunan

PIMPIN : Bupati Lebong, H Rosjonsyah SIP MSi ketika memimpin hari pertama Musrenbang Kecamatan, kemarin (12/2).
PIMPIN : Bupati Lebong, H Rosjonsyah SIP MSi ketika memimpin hari pertama Musrenbang Kecamatan, kemarin (12/2).

LEBONG, Bengkulu Eklspress – Bupati Lebong, H Rosjonsyah SIP MSI meminta, kepada seluruh Camat untuk berperan aktif dalam melakukan evaluasi Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Desa (RAPBDes). Sehingga dapat mendukung pembangunan yang telah di lakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) selama ini.
Hal tersebut disampaikan Bupati, ketika memimpin kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di hari pertama tingkat kecamatan, kemarin (12/2) di Kecamatan Lebong Utara.

“Dimana rancangan telah dituangkan didalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Lebong 2016-2021,” jelasnya.

Dengan adanya peningkatan peran dari para camat, merupakan supervisi evaluasi dalam RAPBDes. Maka percepatan pembangunan di seluruh daerah Kabupaten Lebong dapat tercapai sesuai yang telah diharapkan selama ini. Apalagi di tahun 2017 yang lalu, baru 40 persen kegiatan yang sejalan dengan Pemkab.

“Dengan peran seluruh camat, maka kegiatan yang bisa sejalan dengan Pemkab dapat lebih meningkat dari tahun sebelumnya,” ujarnya.
Sementara Kepala Bappeda Lebong, Drs Robert Rio Mantovani melalui Kabid Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Partono SE mengatakan, dari hasil Musrenbang yang dilaksanakan nantinya akan kembali dibahas di forum masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menentukan usulan mana yang lebih diprioritaskan.

“Sehingga bisa diketahui mana usulan yang merupakan tanggung jawab dari Pemkab dan mana yang merupakan tanggung jawab Pemprov,” sampainya.

Musrenbang di Kabupaten Lebong akan dilaksanakan sebanyak 12 kali di seluruh kecamatan se- Kabupaten Lebong. Dimulai dari tanggal 12 hingga 28 Februari 2018 mendatang. Sehingga apa yang menjadi rencana setiap kecamatan yang ada di Lebong bisa diketahui dana apakah sejalan atau tidak dengan rencana Pemkab.
“Kita mulai dari Kecamatan Lebong Utara dan akan berakhir tanggal 28 Februari di Kecamatan Bingin Kuning,” tutup Partono.(614)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*