Sabtu, 12/01/2013 - 09:05 WIB
Seputar Kota | beonline - Bengkulu Ekspress

Caleg Golkar Prioritas Kader

BENGKULU, BE – Dewan Pimpinan Daerah Tingkat I Partai Golkar Provinsi Bengkulu, segera melakukan penjaringan calon legislatif di internal partai pohon beringin tersebut pada pertengahan bulan Januari 2013 ini. Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Golkar, Budi Darmawansyah SE,MSi, kemarin (11/1) mengatakan, masih banyak kader Golkar yang mengantre untuk menjadi Caleg.

Ia juga meyakinkan kalau kadernya adalah orang-orang yang berkualitas. Dan pengurus partai juga akan memperioritaskan kader yang sudah menjadi pengurus partai minimal 5 tahun. Serta akan memenuhi kuota maksimal 120 persen di setiap daerah pemilihan dan memenuhi kuota 30 persen perempuan. “Minimal sudah jadi pengurus partai, baik di tingkat pusat, daerah dan dan desa,” katanya.
Selain itu juga DPD Golkar akan memperioritaskan pengurus organisasi masyarakat (Ormas) pendiri Partai Golkar yaitu Soski,Kosgoro dan MKGR. Dan ormas sayap partai yaitu AMPG,AMPI,dan sebagainya.

Pada pemilu 9 April 2014 nanti Ketua Bapilu Partai Golkar mengatakan pihaknya tidak menargetkan berapa perolehan suara tapi menekankan agar setiap kabupaten memperoleh kursi di DPRD, dan ia juga yakin dengan kemampuan kader yang berkualitas maka suara partai golkar tetap akan naik, saat ini saja ada 9 kursi di DPRD Provinsi Bengkulu. “Tidak mudah mau jadi Caleg di Partai Golkar, minimal sudah jadi pengurus 5 tahun dan memahami visi dan misi partai Golkar, serta mengikuti proses pengkaderan secara berjenjang,” ujar Budi.

Disinggung soal Caleg dari non kader, ia mengatakan DPD Partai Golkar akan memprioritaskan kader partai terlebih dahulu secara maksimal, apalagi di Bengkulu merupakan basis Partai Golklar dan di setiap Kabupaten/Kota ada keterwakilan Gollkar.
“Orang dari luar Partai masih jadi pertimbangan, sebab Bengkulu ini basis kita, dan sesuai dengan semboyan partai Golkar bahwa suara golkar adalah suara rakyat, artinya tidak sembarang orang mengklaim punya basis massa yang melebihi partai Golkar, itulah gambarannya,”ucap Budi.

Ia juga tidak menampik sudah banyak pengurus partai dan tokoh masyarakat yang ingin jadi caleg di Partai Golkar, tapi karena ada mekanimse yang jelas dan ketat maka sulit bagi orang luar ingin caleg dari Golkarb

© 2005 - 2013 bengkuluekspress.com, All Rights Reserved