Cairkan PIP, Ratusan  Siswa Serbu BNI

CAIRKAN: Para siswa tingkat SMA dengan menggunakan seragam pramuka saat mengantre di BNI Bintuhan untuk mencairkan PIP, Kamis (11/1).
CAIRKAN: Para siswa tingkat SMA dengan menggunakan seragam pramuka saat mengantre di BNI Bintuhan untuk mencairkan PIP, Kamis (11/1).

KAUR SELATAN, Bengkulu Ekspress – Ratusan siswa tingkat SMA penerima bantuan dari Program Indonesia Pintar (PIP), Kamis (11/1), menyerbu Kantor Unit Cabang Pembantu (KCP) Bintuhan, Bank Negara Indonesia (BNI), yang terletak di Desa Desa Air Dingin, Kecamatan Kaur Selatan. Ratusan siswa ini terlihat secara antrean saat dipanggil oleh petugas BNI.

“Para siswa ini datang ke bank ini untuk mencairkan dana PIP, untuk hari ada 140 siswa dari SMA 2 dan SMA 3 yang sudah cairkan,” kata Kepala KCP BNI Bintuhan, Yudi Rahman Putra, kemarin (11/1).

Dikatakan Yudi, penyaluran PIP mengacu pada PIP yang sudah berjalan sebelumnya. Adapun besaran manfaat PIP yang diterima oleh para siswa SD sebesar Rp. 450.000, SMP Rp. 750.000 dan SMA sederajat Rp. 1 Juta.

Untuk pengambilan dana ini harus dilengkapi dengan surat keterangan dari sekolah. Surat tersebut berisi pernyataan bahwa yang bersangkutan benar-benar siswa di sekolah tersebut.

“Di sini kita hanya menyalurkan saja, dan ini kita salurkan merupakan PIP tahun 2017 lalu, karena siswa ini baru masuk dan baru bisa kita salurkan sekarang. Bantuan ini dicairkan satu kali dalam setahun,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kaur, Three Marnope, M.Pd., MTPd., mengatakan, jumlah penerima PIP tingkat SD, SMP dan SMA di Kaur ini ada sekitar 7 ribu siswa. Program ini merupakan bantuan yang ditujukan kepada para siswa dari keluarga kurang mampu. Penerima program diusulkan dari pihak sekolah melalui Dispendik kepada direktorat teknis di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Pendaftaran dilakukan melalui sistem online dengan syarat antara lain peserta didik pendidikan formal, terdaftar sebagai peserta didik di sekolah, dan terdaftar dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik) sekolah.

“Dengan cairnya dana PIP yang dilakukan pihak bank BNI ini, kita berharap kepada siswa dan orang tua penerima PIP dapat mengunakan sebaik mungkin untuk keperluan sekolah dan salah gunakan,” jelasnya. (618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*