Butuh Siring Pasang

Tasmon
Tasmon

MUSIM hujan yang terus menguyur Kabupaten Kaur seperiti saat ini jalan lintas desa Kemang Manis Kecamatan Kaur Tengah Kabupaten Kaur, tidak luput dari genangan air. Ini karena, sejak dibangun, jalan desa ini sampai sekarang belum dibangun siring pembuangan air. Akibatnya, setiap datang hujan deras badan jalan tergenang air dan juga membuat hamparan sawah air Kandis ikut terendam bajir tersebut.

“Kita minta dinas terkait untuk mengupayakan pembangunan siring pasang. Sehingga jalan tersebut tidak banjir dan juga padi warga tidak terendam bajir,” kata Tasmon Kepala Desa (Kades) Kemang Manis kepada BE, kemarin (2/11).

Dikatakan Kades, jalan desa Kemang Manis situ ketika hujan deras turun selalu digenanggi air hingga sebatas lutut orang dewasa, dan menyebabkan kendaraan roda empat dan dua sering kali terperosok ke lobang jalan besar yang mengangah dibadan jalan. Ini terjadi karena sang sopir tidak melihat kondisi badan jalan. Selain menyebabkan pengendara terperosok juga genangkan air dari jalan itu telah merendam sekitar delapan hektar hamparan sawah air kandis.

“Kami sudah berapa kali mengajukan proposal pembangunan siring pasang ini, tapi sampai sekarang belum ada tindak lanjutnya,” terangnya.

Ditambahkan Kades, usulan yang disampaikan pihaknya selama ini diharapkan mendapat perhatian pemerintah dan wakil rakyat Kaur di DPRD Kaur. Sebab jika siring pasang itu segera dibangun tentunya tidak akan lagi membuat jalan tersebut tergenang banjir dan merendam sawah masyarakat setempat.

“Kalau siring pasang itu dibangun saya yakin tidak lagi banjir, siring pasang yang minta dibangun itu sekitar 500 meteran,” terang Kades.(618)