Selasa, 30/07/2013 - 19:00 WIB
Mukomuko Ekspress | beonline - Bengkulu Ekspress

Butuh Relawan Pemilu

MUKOMUKO,BE – KPU Mukomuko membutuhkan tenaga relawan pemilu. Mereka dibutuhkan untuk mendukung kinerja KPU dalam melaksanakan pemilu tahun 2014 mendatang. Direncanakan usai lebaran, perekrutan relawan itu mulai dilaksanakan. “Nantinya relawan pemilu akan digaji melalui APBN,” ungkap Anggota KPU Divisi Sosialisasi, Abdul Hamid Siregar kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (30/7).
Jumlah tenaga relawan pemilu yang dibutuhkan mencapai belasan orang. Mereka yang akan diterima itu berbagai kelompok keterwakilan yakni untuk kelompok pemuda, komunitas pinggiran, penyandang disabilitas, komunitas perempuan dan agama. Masing – masing  kelompok ataupun komunitas relawan itu yang akan diterima sebanyak tiga orang. “Dibutuhkan tenaga relawan ini merupakan hasil rakor dan intruksi KPU Pusat beberapa waktu lalu dan wajib dilaksanakan oleh KPU di daerah,” bebernya. Tujuan direkrutnya relawan itu lanjut Siregar, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat supaya lebih mengenal proses pemilu. Mendorong supaya masyarakat mengetahui cara yang benar dalam memilih karena pemilu sangat penting dan hal – hal positif lainnya. Sebelum belasan relawan itu diturunkan di lapangan akan diberikan pelatihan. Pelatihan nantinya dilakukan sesuai dengan kategori atau kelompok masing – masing relawan. Dia mencontohkan relawan pemilih pemula nantinya akan dilatih bagaimana supaya mensosialisasikan kepada para pelajar dan pemuda di daerah tersebut. Begitu pun dengan kelompok ataupun komunitas lainnya berdasarkan kriteria dan sasarannya masing – masing. “ Keberadaan relawan pemilu ini supaya masyarakat lebih mengetahui pentingnya pemilu dan memberikan pendidikan politik yang baik,” demikian Siregar. (900)

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


9 × = tiga puluh enam

© 2005 - 2013 bengkuluekspress.com, All Rights Reserved