Butuh Peningkatan Jalan

IST/Bengkulu Ekspress Jalan menuju Dusun Talang Kedurang Desa Pal VIII Kecamatan Bermani Ulu Raya yang membutuhkan pembangunan.
IST/Bengkulu Ekspress Jalan menuju Dusun Talang Kedurang Desa Pal VIII Kecamatan Bermani Ulu Raya yang membutuhkan pembangunan.

CURUP, Bengkulu Ekspress – Meskipun sejumlah daerah di Kabupaten Rejang Lebong jalannya sudah diaspal hotmix. Namun ada sebagian jalan yang masih jalan tanah dan membutuhkan pembangunan berupa peningkatan.

Menurut Camat Bermani Ulu Raya, salah satu jalan di Kecamatan Bermani Ulu Raya yang membutuhkan pembangunan adalah jembatan menuju Dusun Talang Kedurang di Desa Pal VIII. Dimana menurutnya jalan menuju Dusun Talang Kedurang tersebut masih tanah sehingga membutuhkan sentuhan pembangunan.

“Saat ini jalan yang sangat membutuhkan pembangunan adalah jalan menuju Dusun Talang Kedurang,” jelasnya.

Menurut Mulyanda, masyarakat sangat membutuhkan pembangunan jalan dikawasan tersebut, karena merupakan satu-satunya akses masyarakat untuk keluar masuk dusun Talang Kedurang. Kondisi jalan akan semakin sulit saat musim hujan. Saat musim hujan selain kondisi jalan sempit dan masih tanah, juga hanya bisa dilintasi kendaraan roda dua menggunakan rantai.

“Kita sudah usulkan untuk pembangunan jalan dikawasan dusun Talang Kedurang dan sudah dilakukan survei oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU),” tambah Mulyanda.

Namun menurut Mulyanda, meskipun sudah di survei oleh Dinas PU Kabupaten Rejang Lebong, namun ia belum tahu kapan jalan tersebut akan dibangun. Oleh karena itu ia berharap agar usulan pembangunan jalan dikawasan itu bisa terealisasi, sebab jalan tersebut sangat dibutuhkan oleh warga sekitar terutama untuk mengeluarkan hasil bumi yang mayoritas pertanian kopi, sawah dan sayur mayur. Meskipun belum dihotmix, Mulyanda berharap jalan yang memiliki panjang sekitar 4 KM tersebut bisa dilakukan pengerasan terlebih dahulu.

“Saya sudah cek kelapangan memang banyak petani yang menggunakan jalan tersebut lataran jalan itu merupakan salah satu alternatif jalan menuju kebun milik warga,” papar Mulyanda.

Dengan adanya pembangunan jalan tersebut, maka menurut Mulyanda warga ataupun kalangan petani disekitar bisa mengeluarkan hasil buminya dengan mudah serta meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Disisi lain, Mulyanda juga mengakui, selain terkendala masalah jalan, kawasan Talang Kedurang juga mengharapkan adanya aliran listrik yang masuk, karena menurutnya didalam kawasan tersebut sudah banyak pemukiman warga namun belum teraliri listrik. (251)