Butuh Bantuan Bibit Karet

Kades Tanjung Betung II Iri Mudian

BINTUHAN,BE- Masyarakat di Desa Tanjung Betung 2 Kecamatan Kaur Utara berharap pemerintah melalui Dinas Pertanian (Dispertan) Kaur dapat mengalokasian bantuan bibit di desa mereka untuk kebutuhan petani setempat.
Pasalnya masih banyak kebutuhan bibit-bibitan yang sangat diharapkan masyarakat salah satunya bibit karet yang berkualitas. “Sebagaian besar masyarakat kami petani, kami berharap ada bantuan bibit-bibitan yang berkualitas dari pemerintah,” kata Kepala Desa (Kades) Tanjung Betung II, Iri Mudian kemarin.
Kades mengatakan, selama ini masyarakatnya sudah banyak yang memilik kebun karet. Hanya saja sebagaian pula masyarakat terbentur dengan bibit. Pasalnya dikuatirkan bila membeli bibit diluar kulaitasnya tidak terjamin dan ancamannya bisa saja saat nanti karet yang sudah layak panen malah tidak menghasilkan getah baik.
“Kebun karet memang menjanjikan, namun warga masih banyak ragu asal beli bibit, sementara bila ingin membeli bibit yang berklualitas unggul tentu harganya juga tidak murah dan sebagaian besar petani masih mengeluhkan pendanaan,” ujarnya.
Ditambahkan Kades, ia berharap kepada Pemkab kaur dapat membantu pembibitan misalnya karet atau sawit. Sebab sebagaian warga di desa sekitar merupakan petani. Selain itu juga karet di desa itu sangat bagus getanyanya.
“Mudah-mudahan tahun ini ada dea kita dapat bantuan karet dari dinas terkait, kalau masalah proposal sudah kita ajukan dari awalm,” harap Kades.(618)