Jumat, 17/05/2013 - 16:10 WIB
Lebong Ekspress | beonline - Bengkulu Ekspress

Butuh 150 Hektar Sawah Baru

PINANG BELAPIS, BE – Desa Sebelat Ulu Kecamatan Pinang Belapis tahun ini mengusulkan sebanyak 150 hektar untuk percetakan sawah baru yang ada di desa tersebut.

Hal tersebut disampaikan Kepala Desa Sebelat Ulu, Buhari kepada wartawan kemarin. “Saat ini untuk pengajuannya sudah kita sampaikan ke Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu, namun hingga saat ini belum adanya tanggapan dari pihak provinsi tersebut,” ungkap Buhari.

Dikatakan Buhari, masyarakat di Desa Sebelat Ulu sangat mengharapkan agar pengajuan mereka mengenai percetakan sawah baru tersebut bisa segera direalisasikan. Hal tersebut tentunya akan membuat lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat di desa itu.

Selain itu, untuk lokasi percetakan sawah baru tersebut sudah dipastikan tidak masuk dalam kawasan TNKS dan sudah ada surat keterangan dari pihak TNKS. “Lahan itu merupakan lahan tidur yang sudah puluhan tahun tidak digarap, jadi harapan kita percetakan sawah baru tersebut bisa segera direalisasikan. Saat ini untuk luas hamparan sawah yang masih produktif sekitar kurang lebih 500 hektar. Nah dengan dibukanya sawah baru ini tentunya menambah lapangan pekerjaan baru bagi warga Sebelat,” kata Buhari.

Selain itu, dampak positif dari dibuatnya percetakan sawah baru tersebut yakni 70 persen masyarakat tidak akan masuk ke kawasan TNKS lagi, karena Desa Sebelat Ulu merupakan desa yang langsung berbatasan dengan hutan TNKS.  “Saya yakin dengan bertambahnya luas sawah di Desa Sebelat ini maka 70 persen masyarakat tidak akan lagi masuk ke kawasan TNKS.

Kita ini memang desa binaan TNKS, tetapi hingga saat ini kami belum merasakan kontribusi yang lebih dari pihak TNKS, makanya masih banyak masyarakat masuk ke TNKS. Semua itu karena hidup mereka bergantung pada hutan, ” pungkas Buhari.(777)

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


8 × tiga =

© 2005 - 2013 bengkuluekspress.com, All Rights Reserved