Bupati Tumenggung, Wabup Malin Mudo

DiarakMUKOMUKO, BE – Rangkaian HUT Kabupaten Mukomuko ke -13 tahun 2016 ini memberikan kesan yang lebih meriah serta menunjukan kebudayaan dan adat istiadat di Kapuang Sakti Ratau Batuah. Kemarin (25/2) , Bupati Choirul Huda dan Wakil Bupati Haidir diarak bak pengantin baru dengan menggunakan pakaian khas daerah hingga disambut secara adat. Hal tersebut juga dalam rangkaian untuk pemberian gelar kepada Bupati dan Wakil Bupati.

Choirul Huda diberi gelar Tumenggung Setiodirajo dan Haidir bergelar Malin Mudo.

“Gelar yang saya terima ini artinya seorang prajurit yang siap mengabdi dan setia kepada atasan dan atasan saya adalah rakyat Kabupaten Mukomuko,” tegas Bupati Mukomuko, Choirul Huda.
Sedangkan gelar Malin Mudo untuk Wakil Bupati, artinya arif dan bijaksana yang muda dan siap untuk bersama – sama ikhlas melaksanakan tugas untuk daerah dan kepentingan masyarakat banyak.

“Kami siap menjalankan amanah dan setia kepada raja kami rakyat Kabupaten Mukomuko,” ujarnya.

Terpisah, Ketua Umum HUT Kabupaten Mukomuko, Novizar Eka Putra menyampaikan, diberikan gelar kepada bupati dan wakil bupati itu salah satunya adalah prosesi adat istiadat di daerah ini dan gelar itu diberikan oleh kaum enam dihilir.

“Ini juga termasuk menunjukan dan melestarikan adat istiadat di daerah ini,” demikian Novizar.

Setelah prosesi pemberian gelar dilanjutkan dengan do’a bersama hingga menikmati masakan khas daerah yang biasa disebut nasi kunyit. (900)