Bupati Minta Ormas dan LSM Solid


ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress– Bupati Bengkulu Utara (BU), Ir Mian mengharapkan agar seluruh Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Kabupaten BU dapat menjaga kekompakan dan solid. Tujuannya, untuk bersama-sama membangun BU ke depan.

‘’Kita harapkan Ormas di Bengkulu Utara tetap solid. Mari kita bersama-sama membangun Bengkulu Utara,’’ ujar Bupati.
Bupati menambahkan, berdasarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas UU Nomor 17 tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan, dibentuknya ormas untuk dapat berpartisipasi dalam pembangunan. Jika tidak membawa konstribusi dalam tercapainya tujuan NKRI, keberadaan ormas dapat dibubarkan.

‘’Dalam Perppu sudah dijelaskan tujuan dari keberadaan ormas tersebut. Untuk itu, kita juga mengharapkan ormas maupun LSM terdata dan terdaftar di Kabupaten Bengkulu Utara,’’ ungkapnya.

Bupati juga menyampaikan, ormas dapat dikenakan sanksi atau tindak pindana jika melakukan kegiatan sparatis yang dapat mengancam NKRI. Tak hanya itu, menyebarkan ajaran atau paham yang bertentangan dengan Pancasila juga tidak diperbolehkan.

‘’Tetap kompak dan bersinergi dengan pemerintah daerah. Banyak program dan kegiatan pemerintah yang tidak dapat dikerjakan sendiri. Maka, dibutuhkan kerjasama dan keterlibatan ormas untuk mewujudkannya,’’ terangnya.
Bupati meminta agar seluruh ormas, baik ormas Islam maupun lainnya dapat sejalan dalam naungan NKRI. Hindari hal-hal yang bisa menimbulkan perpecahan hingga mengarah pada terjadinya konflik.

‘’Kita inginkan Bengkulu Utara yang damai dan aman. Untuk itu, setiap ormas sudah seharusnya ikut andil dalam menjaga dan mewujudkannya,’’ pungkasnya. (816)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*