Bupati Minta Lampu Jalan Untuk Jalan Provinsi dan Nasional

lampu
foto; ilustrasi

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Belum adanya lampu penerangan jalan provinsi dan nasional di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), membuat Bupati Benteng, Dr H Ferry Ramli SH MH meradang.

Dijelaskan Ferry, kondisi gelap gulita saat malam hari membuat jalan tersebut rentan (rawan,red) terjadi kecelakaan lalu lintas (lakalantas).

“Saat ini, setiap ruas jalan provinsi dan nasional di Kabupaten Benteng sama sekali belum terpasang lampu jalan. Akibatnya, saat malam hari jalan tersebut akan menjadi gelap,” ungkap Bupati.
Selain pemicu lakalantas, ungkap Bupati, jalan yang gelap umum akan memancing para pelaku kriminalitas untuk melancarkan aksinya. Para penjahat akan memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menggasak barang-barang berharga yang digunakan oleh para pengguna jalan. Baik kendaraan pribadi maupun berang-barang bernilai lainnya.

“Suasana yang sepi dan gelap akan membuat pelaku begal berkeliaran. Kami harap Pemerintah Provinsi (Pemprov) bisa mengakomodir pemasangan lampu jalan di setiap jalan provinsi,” pinta Bupati.

Selain jalan Provinsi, lanjut Bupati, dalam acara musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat kabupaten beberapa waktu lalu, ia juga mengeluhkan belum adanya penerangan pada ruas jalan negara (jalan nasional). Dimulai dari awal masuk Kabupaten Benteng di Desa Nakau, Kecamatan Talang Empat hingga menuju Kabupaten Kepahiang.

Menurut Bupati, keberadaan lampu jalan juga menjadi salah satu kebutuhan warga setempat dan pengguna jalan. Sebab, pada setiap kiri dan kanan jalan sudah ramai ditempati penduduk.

“Dalam kondisi gelap, masyarakat harus berhati-hati ketika berjalan kaki di tepi jalan raya. Jika abai, masyarakat bisa saja ditabrak oleh pengguna kendaraan yang melintas. Sebab, penerangan memang belum dilakukan secara optimal,” terang Bupati.

Pria yang bergelar Baginda Maharaja Sakti ini mengemukakan, selain kondisi yang gelap, faktor utama yang menyebabkan kecelakaan adalah banyaknya kerusakan pada jalan tersebut.

“Selain gelap saat malam hari, akses jalan yang buruk juga menjadi salah satu faktor pemicu lakalantas. Meskipun masih dalam proses perbaikan, kondisi jalan yang tak mulus juga menyulitkan pengemudi,” demikian Ferry.(135)