Bupati Lebong Rancang Beasiswa Prestasi

TUBEI, Bengkulu Ekspress – Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2016-2021, Bupati Lebong merancang memberikan 150 beasiswa sarjana berprestasi. Program tersebut telah dituangkan dalam Perda RPJMD.

Terkait rencana program tersebut, Dinas Pendidikan Nasional Pemuda dan Olah Raga (Diknaspora) Kabupaten Lebong menjabarkannya melalui pemberian beasiswa bagi mahasiswa berprestasi Kabupaten Lebong dan rencananya mulai dilaksanakan di tahun 2017.

Kepala Bidang Perencanaan Diknaspora Lebong Pujiwarno, mengatakan, untuk tahun pertama program beasiswa ini dirancang pemberian beasiswa untuk 30 mahasiswa berprestasi. Program beasiswa untuk mahasiswa ini sudah dimasukkan menjadi salah satu usulan dalam APBD 2017. “Pemberian beasiswa ini merupakan aplikasi dari 16 program unggulan Kabupaten Lebong tahun 2016-2021,” kata Puji.

Dijelaskannya, pemberian beasiswa ini akan dimasukkan dalam 2 kategori yakni mahasiswa berprestasi dengan kondisi ekonomi keluarga kurang mampu dan beasiswa mahasiswa berprestasi dengan kondisi keluarga mampu. Untuk nilai beasiswa yang diberikan saat ini sedang dalam perumusan.

“Khusus yang mampu kemungkinan kita tanggung hanya biaya kuliah, sedangkan yang kurang mampu diberikan biaya kuliah dengan biaya hidup. Namun ini masih dirumuskan agar program bisa berjalan dengan baik,” jelas Puji.

Selain itu, penerima beasiswa dari Pemerintah Daerah ini diberikan kepada mahasiswa yang menempuh pendidikan dibidang Kesehatan, Teknik Geologi, Teknik Listrik, Teknik Perencanaan Kota dan Bidang Pertanian. “Bidang pendidikan ini memang masih sangat diperlukan di Kabupaten Lebong. Nantinya penerima beasiswa ini wajib mengabdi di Kabupaten Lebong setelah menyelesaikan pendidikan,” pungkas Puji.(777)