Bupati Lebong Minta Warga Jaga Hutan

HutanTUBEI, Bengkulu Ekspress – Bupati Lebong, H Rosjonsyah SIP MSi mengungkapkan, bahwa Kabupaten Lebong saat ini menjadi salah satu lumbung energi terutama untuk listrik. Potensi listrik Kabupaten Lebong ini bersumber dari sungai maupun dari panas bumi atau Geotermal. Terkait hal ini Bupati meminta agar seluruh warga Lebong agar dapat menjaga kelestarian hutan.

“Kita patut berbangga karena Lebong ini memiliki potensi yang cukup besar untuk listrik terutama dari sungai yang kita miliki. Namun potensi ini akan berkurang bahkan bisa habis kalau terjadi kerusakan hutan. Debit air akan berkurang dengan adanya kerusakan hutan makanya masyarakat harus menjaga hutan,” kata Bupati.

Ditambahkan Bupati, dengan potensi listrik yang di miliki Kabupaten Lebong terutama dari pemanfaatan sungai akan berdampak terhadap kesejahteran masyarakat. Dikatakan Bupati untuk saat ini masyarakat belum merasakan hasil dari pembangunan PLTA, karena jumlahnya masih sedikit dan rata-rata pihak investor masih melakukan pembangunan.

“Tapi nanti kalau seluruh PLTA ini sudah beroperasi tentunya akan meningkatkan pendapatan kabupaten, dan tentunya dengan adanya pendapatan kabupaten maka pembangunan akan semakin cepat terlaksana. Ini semua akan berjalan kalau hutan kita masih sehat makanya harus ada upaya dari kita untuk menjaga kelestarian hutan ini,” pungkas Rosjonsyah.(777)