Bupati Ciptakan Program Kampung Kopi Sebagai Pusat Perekonomian Baru

 

KopiKABAWETAN, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang tengah berupaya menciptakan pusat perekonomian baru bagi masyarakat. Melalui program peningkatan pariwisata, Pemkab membentuk objek wisata agronomi “Kampung Kopi” di Kecamatan Kabawetan yang akan mulai dilakukan awal tahun depan.

Kampung kopi nantinya akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru bagi masyarakat. Karena akan menjadi sentra penjualan produk-produk oleh-oleh asli daerah.

“Konsepnya akan ada kebun kopi secara langsung, sehingga pengunjung dapat memetik langsung biji kopi yang masak. Serta dapat membuat kopinya sendiri, jadi mereka tahu juga proses pembuatan bubuk kopi asli Kabupaten Kepahiang,” ungkap Bupati Kepahiang, Dr Ir Hidayatullah Sjahid MM.

Pemilihan program kampung kopi di Kecamatan Kabawetan sejalan dengan berbagai program kerja daerah dan provinsi yang akan terpusat di Kabawetan. Mulai dari Motion Valley yang akan digelar Pemprov Bengkulu bertujuan agar dapat mengenalkan pariwisata Kepahiang kepada masyarakat luar.

“Itu kegiatan provinsi, kita jadi tuan rumah, kegiatannya di tahun depan,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kepahiang, Su’urdi.

Menurut Su’urdi, selain kegiatan provinsi pihaknya juga melaksanakan event akbar lari 10 kilometer tingkat kabupaten, juga terpusat dipusat perkebunan teh Kabawetan. Kegiatan lari 10 kilo masuk dalam rangkaian peringatan HUT ke-14 Kabupaten Kepahiang 2018.

“Rencana kegiatan digelar di bulan Desember ini, kita mengawali rangkaian kegiatan yang ada,” tuturnya. (320)