Bupati Beri Bantuan 100 Juta ke Masjid

ary-penyerahan-bantuan-pembangunan-masjid-1
Bupati Rejang Lebong, A Hijazi saat menyerahkan bantuan untuk pembangunan masjid dari Presiden RI kepada Kepala Desa Teladan Yusmedi, di halaman Masjid Al Hamid Minggu (6/11), kemarin. (Foto ARY/BE).

 CURUP, BE – Dalam mendukung program Rejang Lebong kota religius, Bupati Rejang Lebong H A Hijazi SH MSi mengajak seluruh lapisan masyarakat Rejang Lebong untuk bergotong royong membangun masjid.

Gotong royong yang dimaksud bupati adalah dengan menyisihkan harta yang dimiliki untuk membangun masjid. Dimana menurut bupati gotong royong tersebut bisa dilakukan dengan menyumbang minimal Rp 5 ribu setiap hari jumat di masjid-masjid tempat yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

“Bila ada 100 orang yang menyumbang setiap minggunya Rp 5 ribu, maka bisa terkumpul Rp 5 juta, bila sebulan berapa dan setahun berapa yang terkumpul,” terang bupati usai menyerahkan bantuan pembangunan masjid sebesar Rp 100 juta kepada Masjid Al Hamid yang ada di Desa Teladan Kecamatan Curup Selatan dari Presiden RI Joko Widodo.

Karena dengan menyisihkan uang untuk pembangunan masjid tersebut, maka menurut bupati, pengurus masjid tidak mesti meminta sumbangan kepada pengendara yang lewat disekitar lokasi masjid. Pembangunan masjid menurut bupati harus dilakukan, bupati menyarankan pembangunan masjid harus lebih baik dari rumah pribadi

“Dalam mendukung program religius ini kita akan membenahi di 15 kecamatan, dimana tahun ini sudah tiga yang kita bangun, dan tahun depan ada lagi,” tegas bupati.

Sementara itu, untuk bantuan yang diberikan Presiden RI untuk masjid Al Hamid, bupati berharap agar bantuan tersebut digunakan sesuai dengan peruntukannya dalam membangun masjid. Bupati mengingatkan jangan sampai uang masjid disalahgunakan.

“Saya harap bantuan yang diberikan ini sesuai dengan peruntukannya, jangan sampai uang masjid disalahgunakan,” pesan Bupati.

Dalam kesempatan tersebut, bupati juga mengungkapkan bantuan untuk Masjid Al Hamid kemarin, bukan yang pertama kalinya, karena sebelumnya yaitu sekitar tahun 2004 saat kepemimpinannya pertama dulu, Masjid Al Hamid juga mendapat bantuan dari menteri agama. Dimana menurut bupati, kala itu menteri agama memberikan bantuan sebesar Rp 25 juta.

Sementara itu Kepala Desa Teladan Kecamatan Curup Selatan, Yusmedi SH mengaku sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan presiden tersebut. Namun menurutnya meskipun presiden memberikan bantuan sebesar Rp 100 juta, dana untuk pembangunan masjid tersebut masih kurang, karena panitia membutuhkan dana sekitar Rp 400 juta untuk merenovasi bangunan masjid.

“Kita sangat berterima kasih atas bantuan ini, sehingga bisa menutupi kekurangan kita dalam membangun masjid ini,” ungkap Yusmedi.

Lebih lanjut Yusmedi mengungkapkan, bahwa renovasi yang dilakukan tersebut yaitu dengan membanguan masjid menjadi dua tingkat, karena bila ingin melakukan pelebaran, lahan masjid sudah tidak curup lagi. Lebih lanjut ia menjelaskan, dana sebesar Rp 400 juta tersebut juga akan digunakan untuk pembangunan kubah masjid yang sudah bocor serta pembangunan menara masjid.

“Pembangunan masjid ini memang harus segera kita lakukan, mengingat bangunan yang sekarang sudah tidak cukup lagi menampung jemaah terutama saat hari-hari tertentu yang terkadang sampai ke jalan,” papar Yusmedi

Lebih lanjut Ia mengungkapkan, sebelum mendapat bantuan dari Presiden RI, dana yang terkumpul dari sumbangan masyarakat baru sebesar Rp 11,640 juta, oleh karena itu ia berharap adanya bantuan dari masyarakat untuk membangunan masjid tersebut.

Disisi lain, Camat Curup Selatan juga mengajak seluruh masyarakat untuk menyisihkan hartanya untuk pembangunan masjid Al Hamid Desa Teladan tersebut, dikesempatan tersebut, Lasmono juga berharap dengan adanya pembangunan masjid tersebut bukan hanya menjadi simbol saja, namun juga dimanfaatkan yaitu dengan memakmurkan masjid, dimana Lasmono berharap memakmurkan masjid tersebut harus dimulai dari yang tua-tua.

“Saya berharap masjid ini nanti bisa dihidupkan dan dimakmurkan untuk mendukung program kota relegius, menghidupkan masjid ini harus dimulai dari yang tua-tua, karena bagaimana yang muda mau bergerak kalau yang tua tidak bergerak,” ujar Lasmono.

Kegiatan penyerahan bantuan Presiden RI tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Rejang Lebong dan diterima Kades Teladan. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kasdim 0409/Rejang Lebong, Mayor Inf Saldifa anggota DPRD Provinsi Bengkulu Dapil Rejang Lebong Lebong, Herizal Apriansyah, Wakil Ketua II DPRD Rejang Lebong, Surya ST serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, bupat juga sempat meminta pengurus masjid untuk menghimpun sumbangan dari tamu undangan yang hadir untuk menambah kekurangan biaya pembangunan masjid, hasilnya terkumpul dana sebesar Rp 4 juta dan bantuan semen 20 sak dari Wakil Ketua II DPRD Rejang Lebong.(251)