Bup : Cepat Tanggap Terkait Laporan

FOTO BERSAMA: Bupati dan jajarannya saat melakukan foto bersama narasumber dari pemerintah pusat dalam program LAPOR.
FOTO BERSAMA: Bupati dan jajarannya saat melakukan foto bersama narasumber dari pemerintah pusat dalam program LAPOR.

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Pemda Mukomuko melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), mulai melakukan sosialisasi terkait aplikasi atau website Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR). Seluruh laporan dari masyarakat nantinya langsung terkoneksi dengan kantor kepresidenan melalui Sekretariat Negara (Setneg). OPD terkait harus cepat tanggap ketika ada laporan atau pengaduan masyarakat melalui aplikasi tersebut. “Saya minta laporan ditindaklanjuti segera. Paling lama dua hari terhitung masyarakat menyampaikan laporan,” tegas Bupati Mukomuko, Choirul Huda ketika membuka pelatihan penguatan pengelolaan aplikasi e-government/layanan pengaduan online rakyat (Lapor), kemarin (1/8) pagi. Bupati juga menyampaikan, sistem pengaduan via online itu dapat menjadi pemicu OPD untuk melakukan inovasi. Salah satunya dalam hal peningkatan kinerja. Yang jelas setiap laporan yang masuk harus segera ditindaklanjuti. Karena tugas utama abdi negara adalah sebagai pelayan masyarakat.
Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Mukomuko, H Ruslan menyampaikan, program dari pemerintah pusat itu akan segera terkoneksi dengan Pemkab Mukomuko. Pasalnya, seluruh tenaga IT yang ada di setiap OPD dilibatkan.

“Nanti tenaga IT di seluruh OPD akan terkoneksi dan tetap berkoordinasi dengan OPD Kominfo. Yang jelas program itu salah satu upaya memberikan pelayanan cepat kepada masyarakat,” demikian Ruslan. Dalam kegiatan itu Pemda mendatangkan tenaga ahli dari Kantor Kepresidenan RI dan utusan dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sebagai pemateri. (900)