Bunga Bali, Bisnis Cantik nan Elegan

bisnis-bunga-bali
Rewa/Bengkulu Ekspress FOTO: HIASAN CANTIK: Bunga Bali menjadi primadona di stand pameran di Mega Mall Bengkulu.

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Bisnis industri kerajinan tangan terus mampu berinovasi dengan berbagai terobosan -terobosan yang luar biasa. Seperti kerajinan bunga artificial/ tiruan yang mampu menghadirkan keindahan hingga menghasilkan rupiah yang menggiurkan. Bagi seorang penjual bunga, Hasan Basri(54) tak sulit merangkai satu karya bernilai seni tinggi.

Menjadi seorang ayah danberkewajiban mencarinafkah membuat Hasan Basri mencari peluang usaha yang menjanjikan. Memanfaatkan hobinya yang senang membuat hiasan dari dan bunga, Endah mulai menjalankan bisnis kerajinan tangan ini disela-sela waktu luangnya.Siapa sangka bila bisnis sampingan yang dulunya Ia mulai dari sekedar iseng tersebut, kini bisa mendatangkan omzet puluhan juta bahkan ratusan juta rupiah ke kantongnya setiap bulannya.

Dijumpai Bengkulu Ekspress, Minggu (27/11), di lokasi usahanya yang baru di stand mega mall Bengkulu, pria yang akrab disapa Basri ini bercerita mengenai hobinya hingga menghasilkan nilai tambah untuk dirinya dan keluarga. “Usaha ini sudah saya mulai satu tahun lalu, berawal dari hobi hingga akhirnya menjadi bisnis yang cukup menguntungkan,” ujar Basri. Lanjutnya, yang membuatnya semakin bersemangat menjalani bisnis ini yaitu bisa membantu mereka yang ingin belajar membuat kerajinan bunga hias Bali ini. “Siapa saja yang ingin belajar membuat bunga Bali bisa datang ke saya, Mereka juga bisa membeli bahan-bahannya di sini,” kata Basri

Basri memperoleh bahan bakunya langsung dari Bali. halinilahyang menjadi asal usul nama bunga Bali ini.Bunga hias ini bisa disulap menjadi kerajinan bernilai seni tinggi dengan harga jual termurah yang bisa dikemas dalam bentuk suvenir untuk diberikan kepada orang-orang tercinta atau relasi bisnis. “Selain rangkaian bunga yang cantik, Basri juga menjual vas bunga yang cantik untuk wadah bunga Baliini. Harga yang kami tawarkan terjangkau sekali.Hanya Rp 10.000 untuk enam tangaki bunga Bali yang cantik ini. Bisapilih bermacam warna. Kalau vas nya kita jual Rp 90.000 saja” Ujarnya.

Ia mengaku mendapat omset yang tidak sedikit setiap bulannya.Dari hasilnya membuka gerai diRawa Makmur, Bencoolen Mall, dan Nega Mall Bengkulu ia mendapatkan puluhan juta. “Kalau di Mega Mall bisa dapat sampai Rp 2 juta sehari. Di Bencoolen Mall bisa lebih banyak lagi. Apalagi kalau Sabtu dan Minggu bisa sampai Rp 7 juta per harinya” katanya.

Kedepannya, Basri berharap agar bisnisnya bisa berkembang dengan pesat dan siap membuka toko kerajinan yang tidak hanya menjual produk kreasi bunga Bali saja, namun juga menyediakan bahan baku, serta memberikan pelatihan khusus bagi masyarakat sekitar yang ingin memproduksi kerajinan dbunga hias Bali tersebut.(cw2)