BUMN Hadir Untuk Negeri, Ajak Siswa Mengenal Nusantara

IMG_6004

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kembali menunjukkan kepeduliannya melalui Program BUMN Hadir Untuk Negeri. Kali ini kegiatan yang pelaksanaannya di kordinatori oleh BNI Cabang Bengkulu ini akan menggelar pertukaran siswa SMA ke 34 Propinsi yang ada di Indonesia.

Melalui program yang dinamakan Siswa Mengenal Nusantara ini merupakan perwujudan kontribusi BUMN dalam berperan serta dan membangun capacity building melalui generasi penerus bangsa.

“Program ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan kecintaan penerus bangsa terhadap BUMN serta menumbuhkan jiwa entrepreneur pada generasi muda kita,” ujar Agus Haedar Usman, Pimpinan BNI Cabang Bengkulu.

Program yang direncanakan dilaksanakan pada bulan Desember 2015 mendatang ini akan berlangsung selama 2 minggu, pada saat anak sekolah liburan semester. Untuk Bengkulu ada 17 orang pelajar terdiri dari 9 laki-laki dan 8 perempuan, serta didampingi 3 perwakilan, yaitu perwakilan dari guru teladan, Dinas pendidikan dan Dinas Pariwisata.

Untuk menentukan peserta yang akan ikut dalam kegiatan ini, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan seleksi dengan persyaratan umum adalah siswa tersebut harus putera daerah yang dilahirkan di Provinsi Bengkulu atau boleh juga salah satu dari orang tua siswa tersebut lahirnya di Bengkulu, mempunyai prestasi yang bisa di banggakan, memiliki kartu menuju sejahtera (KMS).

“kita juga memberikan kesempatan kepada keluarga yang kurang mampu, namun memiliki prestasi akademik atau pun non akademik,” terangnya.

Ditambahkannya, dalam pelaksanaan seleksi, pihaknya akan bekerja sama dengan beberapa dinas terkait seperti Dinas Pendidikan, Dinas Pariwisata untuk menyeleksi siswa dari masing-masing kabupaten/ kota yang akan terpilih untuk diberangkatkan. Ada pun rincian 17 siswa yang akan menjadi peserta dalam kegiatan ini diambil 2 atau 1 orang siswa mewakili kabupaten/kota yang ada di Propinsi Bengkulu.

“BNI juga akan memberikan uang saku kepada tiap-tiap siswa serta menanggung penuh biaya keberangkatan. Bagi peserta yang ikut dalam kegiatan ini diharapkan setelah mereka pulang dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air kepada kalangan siswa serta bisa mengetahui dan mengenal kemajuan dan keunggulan-keunggulan dari daerah lain,”harapnya. (Andri)