Buka Formasi CPNS SMA

PEMERINTAH Kabupaten Kepahiang pada tahun 2016 ini kembali mengusulkan penerimaan tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) di Jakarta. Menariknya, dari beberapa usulan yang disampaikan Pemkab Kepahiang melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) ini tercatat ada formasi untuk tamatan Sekolah Menegah Atas (SMA) selain DIII dan S1.
“Kita membuka formasi SMA diperuntukkan sebagai sopir dan juga tenaga polisi kehutanan (Polhut). Saat ini usulannya sudah kita sampaikan Kemen PAN RB,” ujar Kepala BKD Kepahiang Asri Kadir SSos beberapa saat yang lalu.
Dikatakannya, untuk tenaga sopir dan Polhut, Pemkab Kepahiang masih mengadopsi dari tenaga honorer dan tenaga kontrak. Padahal tenaga Polhut itu sangat dibutuhkan sekali mengingat sebagian besar wilayah Kepahiang merupakan kawasan hutan baik hutan lindung (HL) dan taman wisata alam (TWA). “Kalau baik tenaga sopir dan Polhut itu berasal dari PNS, maka kinerjanya bisa kita pantau. Dan tentunya juga akan memiliki peran tersendiri sesuai dengan tupoksinya sebagai PNS,” jelasnya.
Selain formasi SMA, Asri mengatakan, mereka juga mengusulkan beberapa formasi, diantaranya: tenaga guru, dokter spesialis, ekonomi, perikanan, tekhnik sipil, perawat, inspektur tambang, geotermal dan listrik, serta formasi lainnya.  “Secara pasti jumlah formasi yang kita usulkan masih dalam perekapan, hanya saja usulan tersebut sudah kita layangkan ke Kemen PAN RB. Dan tahun ini di lingkungan pemkab Kepahiang juga buka lulusan SMA,” sampainya.(505)