BPN Sertifikati 11.300 Bidang Tanah

In Bengkulu Tengah, Berita Utama, Daerah
Bengkulu
Bakti/Bengkulu Ekspress. RESMIKAN : Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Bengkulu, Ir Izda Putra MM didampingi Kepala BPN Kabupaten Benteng, Plt Bupati dan Sekda saat menandatangani prasasti peresmian kantor baru BPN Benteng, kemarin (11/1). Kantor Baru Diresmikan

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Tahun 2017 ini Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) akan melaksanakan program nasional (prona) sertifikat desa lengkap. Dalam program ini, BPN akan mensertifikati tanah warga per desa secara menyeluruh.

Kepala Kantor (Kakan) BPN Kabupaten Benteng, Hesekiel Sijabat ST menjelaskan, pada tahun ini pihaknya mendapatkan kuota untuk mensertifikati sebanyak 11.300 bidang tanah yang berlokasi di 5 (lima) desa.

Hal ini disampaikan Hesekiel usai peresmian kantor baru yang berlokasi di Desa Ujung Karang, kecamatan Karang Tinggi, kemarin (11/1).

Dengen keterbatasan anggaran yang ada, program sertifikat desa lengkap ini hanya bisa dilakukan secara bertahap. Program tersebut diharapkan mampu menekan permasalahan atau sengketa tanah yang sering terjadi dilingkungan masyarakat.

“Sesuai dengan program nasional, pada tahun 2025 mendatang seluruh bidang tanah di desa seluruh Indonesia sudah bersertifikat. Keterbatasan dana anggaran pendapatan dan belanja nasional (APBN) membuat proses sertifikati bidang tanah tak bisa dilakukan sekaligus,” ungkap Hesekiel.

Senada juga Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) BPN provinsi Bengkulu, Ir H Izda Putra MM. Ia menuturkan se-Provinsi Bengkulu, tahun 2017 ini pihaknya akan mensertifikasi sebanyak 111.000 bidang tanah.

Mewujudkan hal tersebut, lanjut Izda, pihaknya akan mengistruksikan seluruh BPN kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu untuk mempercepat proses pembuatan sertifikat lengkap.

“Sejauh ini, tidak ada satupun desa di Indonesia ini yang telah lengkap bersertifikat. Sebab itulah, seluruh Kepala Kakan BPN harus bekerja keras agar pada tahun ini Provinsi Bengkulu bisa menyumbangkan sebanyak 40 desa lengkap,” tandasnya.

Pantauan Bengkulu Ekspress, dalam acara kemarin, BPN Kabupaten Benteng meresmikan gedung barunya seluas 400 meter persegi diatas tanah seluas 5 ribu meter persegi.

Turut hadir dalam peresmian itu Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Benteng Edyarsyah SSos MM, Sekda Benteng Muzakir Hamidi SSos MM, perwakilan Kantor BPN kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu serta unsur pimpinan SKPD dan FKPD Kabupaten Benteng.

“Setelah menempati gedung baru yang luasnya mencapai 4 kali lipat dari gedung sebelumnya ini, kami harap layanan di Kantor BPN juga ditingkatkan,” pinta Plt Bupati.(135)

You may also read!

Baznas Segera Bentuk Pengurus Baru

TUBEI,Bengkulu Ekspress – Pemerintah Kabupaten Lebong melalui Bagian Kesejahteraan Sosial (Kesos) segera menggelar pemilihan pengurus baru organisasi Badan Amil

Read More...

Bayi Malang Idap Penyakit Paru-Paru Kotor dan Jantung Bocor

Harus Dirujuk ke Jakarta, Butuh Uluran Tangan Bayi malang atas nama Cahaya Rahmadania, umur 1 tahun 9 bulan. Putri

Read More...

Rejang Lebong Cek Kesiapan Siswa dengan TO

CURUP, BE– Untuk melihat kesiapan pelajar Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Rejang Lebong untuk mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS)

Read More...

Mobile Sliding Menu