BPMPD: Pasar Kawasan Modern Ditargetkan Selesai

pasar
foto: ilustrasi

PEMBANGUNAN pasar kawasan modern (PKM) di Desa Sumber Makmur, Kecamatan Sungai Rumbai ditargetkan selesai tahun 2016 ini.

“Perkembangan fisik pekerjaan itu sudah diatas 50 persen, kami optimis tahun ini selesai,” ujar Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa  (BPMPD) Kabupaten Mukomuko, Badi Uzaman. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) membangun PKM  itu, selain sebagai daerah percontohan, juga untuk meningkatkan kemajuan pembangunan di daerah ini. Karena tidak seluruh kabupaten/kota mendapatkan program tersebut. Fasilitas yang disediakan di pasar tersebut selain bangunan permanen, termasuk sanitasi dan air bersih.  Untuk pengembangan kedepannya pemerintah akan  menyediakan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan lembaga perbankan. Untuk pengelolaan  nantinya diserahkan ke sejumlah desa, khususnya yang sudah ada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang sehat dan aktif. Pembangunan PKM dengan anggaran sebesar Rp 1,2 miliar yang bersumber dari APBN tahun ini. Pelaksanaan kegiatan langsung pihak Kemendes PDTT melalui rekanan atau kontraktor pengadaan barang dan jasa pemerintah.

“Kecamatan Sungai Rumbai dipilih dibangun PKM dan akan dikembangkan. Dikarenakan  lokasinya strategis  berada  dipinggir jalan lintas Bengkulu – Padang dan  tanahnya hibah dari masyarakat melalui desa setempat,” ungkapnya. (900)