BPBD Cek Langsung ke Lapangan

Curup
ARY/Bengkulu Ekspress Warga RT 11 Kelurahan Air Bang saat gotong royong memperbaiki saluran drainase yang disinyalir membuat pemukiman mereka kebanjiran.

CURUP, Bengkulu Ekspress – Setelah belasan warga dari RT 11 Kelurahan Air Bang mendatangi kantor Lurah Air Bang pada Rabu (12/4/2017) untuk mengadukan banjir yang kerap melanda mereka. Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rejang Lebong langsung turun ke lapangan.

“Kita sudah melakukan pengecekan ke lapangan, setelah mendapat informasi warga mendatangi kantor lurah lantaran tempat mereka kerap banjir,” ungkap Kepala BPBD Kabupaten Rejang Lebong Basuki saat dihubungi Kamis (13/4/2017), kemarin.

Diungkapkan Basuki, setelah dilakukan peninjaun, menurut Basuki warga telah melakukan tindakan sementera untuk membersihkan aliran drainase untuk meminimalisir terjadinya banjir.

Namun menurut Basuki, perbaikan harus tetap dilaksanakan sehingga banjir benar-benar teratasi. Dalam upaya mengatasi banjir seperti yang diharapkan warga RT 11 Kelurahan Air Bang tersebut, Basuki mengaku BPBD Kabupaten Rejang Lebong akan berkoordinasi dengan organisasi perangkat daerah lainnya seperti Dinas PU serta sejumlah pihak terkait lainnya, sehingga dalam proses perbaikan saluran drainase tersebut tidak terjadi tumpang tindih dengan OPD lain.

“Kita akan berkoordinasi dengan sejumlah pihak lainnya sehingga dalam perbaikannya tidak terjadi tumpang tindih,” jelas Basuki.

Selain itu, Basuki juga mengungkapkan BPBD Kabupaten Rejang Lebong akan segera melaporkan kejadian tersebut ke Bupati Rejang Lebong DR (HC) H A Hijazi SH MSi. Laporan yang mereka sampaikan tersebut baik laporan dari warga maupun hasil pantauan mereka di lapangan.

“Hingga saat ini kami belum menerima laporan dari warga terkait dengan banjir tersebut, namun bila warga tidak melapor dengan kita kita bisa melapor ke pak bupati berdasarkan pantauan kita dilapangan,” jelas Basuki.

Setelah dilaporkan dengan bupati, maka menurut Basuki pihaknya akan menunggu petunjuk langsung dari bupati terkait dengan langkah perbaikan yang akan mereka lakukan, ia berharap bisa segera diperbaiki minimal meskipun tidak bisa menggunakan anggaran tahun 2017 ini, ia berharap bisa diusulkan dalam APBD Perubahan Kabupaten Rejang Lebong tahun 2017 ini. (251)