Blangko e-KTP Mulai Didistribusikan

KTPBENGKULU, Bengkulu Ekspress – Setelah mengalami kekosongan selama 5 bulan belakangan ini, akhirnya Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil segera mendistribusikan blangko KTP elektronik (e-KTP) ke seluruh provinsi di Indonesia.

Kepala Dinas Dukcapil Provinsi Bengkulu, M Ikwan SH MH mengatakan pendistribusian blangko e-KTP tersebut akan dilakukan pada 6 hingga 17 April.

“Pemberitahuan dari Direktorat Jenderal Dukcapil Kemendagri terkait pendistribusian blangko e-KTP sudah kita terima,” terang Ikwan kepada Bengkulu Ekspress.

Dijelaskannya, untuk 10 kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu mendapatkan 560 ribu keping. “Dari hasil laporan, ada 28 auter di Bengkulu yang sudah siap untuk melakukan pencetakan,” tambahnya.

Pengambilan blangko e-KTP sendiri tidak dilakukan sencara bersamaan.

Kabupaten Bengkulu Tengah dan Bengkulu Selatan dijadwalkan pengambilannya 6 April. Sementara untuk Kabupaten Kepahiang dan Lebong 7 April, Kaur 10 April, Mukomuko dan Rejang Lebong 11 April, Bengkulu Utara 13 April dan untuk Kota Bengkulu pada tanggal 17 April mendatang.

“Jadwalnya memang sudah ditentukan dari Kemendagri,” jelas Ikwan.

Sementara itu, pengambilannya sendiri harus dilakukan langsung oleh pihak Dukcapil masing-masing kabupaten. Berbeda dengan wilayah Banten, Jawa Barat dan Lampung yang langsung dikoordinir oleh Dukcapil provinsi. Sementara untuk wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogjakarta akan langsung didistribusikan oleh Kemendagri.

“Untuk Bengkulu, setiap kabupaten dan kota langsung mengambil blangko tersebut sesuai jadwal,” imbuhnya.

Setelah blangko tiba, Ikwan meminta setiap petugas Dukcapil kabupaten dan kota untuk langsung melayani pembuatan e-KTP. Sehingga sagala administrasi masyarakat yang berhubungan dengan identitas tidak lagi terganggu.

“Kita berharap, realisasi di lapangan untuk pendistribusi blangko e-KTP dapat berjalan dengan lancar. Sehingga masyarakat bisa cepat mendapatkan e-KTP tersebut,” harap Ikwan.

Dukcapil Dapat 10 Ribu
Sementara itu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu mendapatkan jatah blanko sebanyak 10 ribu keping.

“Kita sempat berusaha memperjuangkan usulan sekitar 6 ribu keping, dan sudah kita lobi lagi akhir kita mendapatkan sekitar 10 ribu keping yang sudah disiapkan oleh pusat untuk jatah Kota Bengkulu,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan, Dinas Dukcapil Kota Bengkulu, Nofri Andrianto SStp MSi, kemarin (5/4/2017).

Ia menjelaskan, yang menjadi prioritas pencetakan e-KTP ini adalah kategori Print Ready Record (PRR) yang merupakan orang-orang yang telah melakukan perekaman dan telah terverifikasi ketunggalannya, sementara PRR di Kota Bengkulu sebanyak 5.277 orang.

“Jadi usulan kita memang harus dilebihkan dari angka yang dibutuhkan, agar memilik stok yang cukup untuk kedepannya, dan baru bisa kita ambil pada 17 April ini, artinya mulai aktif lagi pencetakan itu sekitar 2-3 hari sesudahnya,” ungkapnya.

Menurut Nofri, sejak 5 bulan terhentinya pencetakan e-KTP ini, pihaknya perlu mempersiapkan kembali alat-alat perekaman agar bisa difungsikan lagi untuk memulai pencetakan.

“Ketika blanko itu sampai tidak bisa kita langsung cetak, karena perlu proses uji coba terlebih dahulu sekitar 3 hari. Ketika itu semua sudah lancar, maka kita langsung melayani masyarakat seperti biasanya,” terangnya.

Selain itu, pihaknya juga akan mengkondisikan pelayanan agar nantinya bisa lebih tertib dan lancar sehingga tidak terjadi kegaduhan. Untuk tahap awal pihaknya akan menuntaskan sebanyak 5.277 tersebut dahulu karena sudah masuk ke dalam PRR yang
menjadi skala prirotas. (805/151)

JADWAL PENDISTRIBUSIAN BLANGKO E-KTP

Bengkulu Tengah 6 April
Bengkulu Selatan 6 April
Kepahiang 7 April
Lebong 7 April
Kaur 10 April
Mukomuko 11 April
Rejang Lebong 11 April
Bengkulu Utara 13 April
Seluma 13 April
Kota Bengkulu 17 April