BKSDA Bengkulu Gelar Simulasi Pemadaman Kebakaran Hutan

Petugas BKSDA memadamkan api
Petugas BKSDA memadamkan api

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA)Provinsi Bengkulu menggelar apel siaga simulasi pemadaman kebakaran hutan di Taman Wisata Alam (TWA) Pantai Pantai Panjang Kota Bengkulu, Jumat (09/10/2015). Simulasi diikuti oleh Polisi Hutan BKSDA, Pegawai BKSDA dan Masyarakat Peduli Api (MPA) Bengkulu.

Dalam simulasi, petugas patroli menemukan titik api di TWA Pantai Panjang. Kemudian dengan alat lengkap petugas diturunkan untuk memadamkan api. Api yang belum sempat menyebar luas berhasil dipadamkan petugas dengan cepat.

Kepala Balai BKSDA Bengkulu, Anggoro Dwi Sujianto mengatakan, apel siaga simulasi pemadaman kebakaran hutan digelar agar petugas BKSDA dan masyarakat selalu siaga terhadap kebakaran hutan.

“BKSDA selalu siap siaga mengendalikan kebakaran hutan yang menyebabkan bencana kabut asap,” katanya.

Lanjut Anggoro, meski di Bengkulu saat ini tidak ada kabut asap namun posko kebakaran hutan yang telah didirikan tetap berjalan.

“Siap siaga peralatan apabila ada kebakaran bisa cepat dipadamkan,” sambungnya.

Apel siaga ini rutin dilaksanakan oleh BKSDA setiap tahunnya untuk mengingatkan masyarakat agar siap siaga terhadap kebakaran hutan.

Tahun ini sedikitnya BKSDA sudah berhasil menangani 5 kebakaran hutan di Provinsi Bengkulu. Baru-baru ini petugas berhasil memadamkan api kebakaran lahan gambut di kawasan cagar alam Danau Dendam Tak Sudah Kota Bengkulu. (Dil)