BKD Sosialisasikan Transaksi Non Tunai

Welldo Kurniyanto SE MM
Welldo Kurniyanto SE MM

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Daerah (Pemda) melalu Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) menggelar sosialisasi implementasi belanja non tunai di Grage Hotel Kota Bengkulu, Rabu (7/2) hari ini.
Kepala Badan Keuangan daerah (BKD) Kabupaten Benteng, H Budiman Efdy W SE SIP melalui Sekretaris, Welldo Kurniyanto SE MM menjelaskan, dimulai tahun 2018 ini, seluruh belanja atau pengeluaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkungan Pemda Kabupaten Benteng yang menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) dan anggaran pusat harus dilakukan dengan cara transaksi non tunai.

“Setiap pengeluaran harus dilakukan dengan menggunakan transaksi non tunai atau transfer antar bank. Terkecuali pada belanja barang dan jasa dengan nilai kwitansi atau tagihan kurang dari Rp 1.000.000,” terang Welldo.

Mantan Kabid Anggaran BKD Kabupaten Benteng menyampaikan, instruksi ini harus diterapkan setelah mempedomani surat edaran (SE) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) nomor 910/1866/SJ tertanggal 17 April 2017 tentang implementasi transaksi non tunai pada Pemerintah Daerah dalam rangka pemantrauan rekening pendapatan dan belanja OPD, termasuk pembayaran kepada pihak ketiga.

“Instruksi Mendagri juga sudah diturunkan dalam Instruksi Bupati Benteng nomor 900-0190 tahun 2017 tentang pelaksanaan transaksi non tunai. Karena instruksi tersebut belum diterapkan paa tahun 2017 lalu, seluruh OPD harus mematuhi aturan tersebut pada tahun 2018 ini,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu, sambung Weldo, pihaknya juga akan menggelar rapat koordinasi (rakor) persiapan pelaksanaan APBD tahun 2018. Selain menjadi wadah bagi para OPD untuk berdiskusi mengenai permasalahan atau kendala pengelolaan keuangan, pihaknya mengharapkan agar seluruh OPD bisa lebih tertib dalam menyusun administrasi pelaporan keuangan pada tahun anggaran 2018.

“Rakor pada awal tahun ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya celah penyimpangan anggaran. Selain itu, setiap OPD diharapkan mampu bekerja lebih cepat dan tertib dalam pengelolaan keuangan, tentunya sesuai dengan arahan Bupati Benteng, Dr H Ferri Ramli SH MH,” demikian Welldo . (135)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*