Bisnis Ikan Cupang Menjanjikan

BENGKULU, bengkuluekpress.co m– Dimasyarakat Bengkulu ikan cupang memang tidak setenar ikan-ikan lainnya seperti, ikan mas, koi, arwana dan ikan-ikan hias jenis lainnya.  Kendati belum setenar  jenis ikan lainnya, namun saat ini di kota Bengkulu sudah banyak orang yang memulai mengembangkan ikan cupang hias.

Menurut Pak Alam, salah satu pengusaha muda yang mengabdikan dirinya sebagai penjual dan pembudidaya ikan cupang, ikan cupang ini selain tampilan bentuk tubuh yang berukuran kecil, ikan ini juga memiliki warna yang unik dan cantik. Tampilan  ikan ini memiliki sirip dan ekor yang mengembang layak kipas yang turjuntai, hal ini yang menjadi daya tarik tersendiri bagi yang hobi ikan hias.

“Ikan cupang memiliki  kelompok  yaitu, kelompok Jayen, bulan dan menengah. Lalu kelompok besar ini dibagi kembali dalam beberapa jenis seperti cupang halmon, bangkok, biear dan cupang koi,” terangnya.

Diceritakannya, pembudidaya ikan cupang ini, berawal  dari hobinya memelihara ikan cupang. Selanjutnya dirinya mencoba untuk  mencari tahu cara  pembudidayaannya dan pada akhirnya  bapak dari satu Anak ini terus berkomitmen untuk mengembangkan lebih jauh mengenai usaha yang telah ia geluti sejak 2 bulan yang lalu.

Saat bengkuluekpress.com menyambangi tempat usahanya di Jalan Adam Malik, RT 05 RW 01 Pagar Dewa kota Bengkulu. Suami dari Ny.Nanda ini menyatakan bahwa usaha yang ia rintis ini cukup menjanjikan.

“Hasilnya cukup lumayan untuk mencukupi kebutuhan keluarga,” ujarnya

Selain menawarkan Ikan cupang hias, ditempatnya ini juga menyediakan berbagai jenis varian ikan hias lainnya seperti, ikan lohan, ikan sapu jagat, ikan methalic, ikan lemon, man fish dan masih banyak lagi jenis yang lainnya.

“Harga ikan yang kami tawarkan bervariasi yaitu mulai dari harga  Rp. 4 ribu, bahkan ada yang harganya mencapai Rp. 4 juta, “katanya

Dalam hal perawatan dan jenis pakan, tidak terlalu sulit. Hanya saja yang perlu menjadi ekstra perhatian yaitu pada tingkat kebersihan Aquarium dan Air. Sementara untuk pakan ikan ini hanya cukup diberi  pur ikan, dan jentik nyamuk saja.

Sedangkan untuk pemasaran saat ini hanya pada wilayah dalam kota Bengkulu.Namun tak menutup kemungkinan untuk dimasa yang akan datang akan melakukan pengembangan usaha lebih luas lagi. (mg).