Bimtek Intelijen Daerah

 2. Jefryy/BE - Foto bersama saat bimbingan teknis (bimtek( Intelejen yang dilakukan kemarin (1/8).
2. Jefryy/BE – Foto bersama saat bimbingan teknis (bimtek( Intelejen yang dilakukan kemarin (1/8).

TAIS, Bengkulu Ekspress – Guna mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban, Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pemkab Seluma, mengadakan Bimtek (bimbingan teknis) dan pelatihan intelijen pengamanan daerah, Selasa (1/8).

Kepala Kesbangpol Seluma Khairi Sustam MSi kepada Bengkulu Ekspress mengatakan, “Bimtek dilakukan dengan tujuan untuk efektifitas terhadap ketertiban dan keamanan sesuai tugas masing-masing dan berdasarkan UU yang berlaku.” Dijelaskan, sasaran bimtek kali ini terdiri dari tokoh masyarakat, serta pemuka dan lembaga swadaya masyarakat di Kabupaten Seluma. Selaon itu, juga sejumlah forum yang ada dalam pembinaan Kesbangpol ikut diundang. Diharapkan, melalui Bimtek itu peserta bisa lebih waspada terhadap munculnya gangguan keamanan yang tidak diharapkan.

“Peserta diklat jika sudah mengerti dan memahami makna intelijen jangan malah jadi provokator antisipasi radikalisme sedari dini. Dengan mengumpulkan sejumlah bahan keterangan (pulbaket) dan pengumpulan data (puldata) terlebih dahulu,” imbuhnya.

Selain itu, lanjut Khairi Sustam, bimtek kali ini juga bertujuan untuk menangkal bahaya radikalisme yang kerap terjadi di masyarakat. Dengan melakukan deteksi dini. Jika ada hal mencurigakan, langsung lakukan koordinasi dengan pihak terkait atau pihak berwajib agar segera ditindaklanjuti. Dengan harapan daerah akan ikut menjadi kondusif dan semua pergerakan ikut diketahui.

“Seluruh peserta kita minta mengikuti Bimtek dengan baik dan dapat mengimplementasikan di wilayahnya masing-masing. Selain itu, agar senantiasa mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban yang mungkin terjadi,” sambungnya.

Ditambahkan, diklat ini diharapkan juga bisa menjadi sebagai bagian dari deteksi dini sekaligus cegah dini atas fenomena yang terjadi di kabupaten seluma yang mayoritas masyarakatnya mayoritas muslim. Mayoritas ini berpotensi memunculkan berbagai potensi konflik sosial. Karena kita ini diciptakan Tuhan berbeda-beda agama dan kepercayaan dan bersuku-suku supaya di antara kita saling mengenal satu sama lain.

Hadir sebagai narasumber dalam Bimtek Kesbangpol Provinsi Bengkulu. Intelejen Polda Bengkulu, TNI Al, Serta Kesbangpol Seluma. Dimana kegiatan ini sendiri di buka secara resmi oleh Wakil bupati Seluma Suparto Msi.(333)