Bimtek Bagi Proktor UNBK

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Masih banyaknya kendala yang dirasakan para proktor sekolah penyelenggara Ujian Nasional Berbasis Komputer
(UNBK). Membuat Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) berinisiatif menggelar pelatihan bagi tenaga proktor. Hal itu dilakukan sekaligus sebagai persiapan penyelenggaraan UNBK tahun pelajaran 2017/2018. Bimtek itu digelar di aula SMAN 5 Kota Bengkulu. Dengan menghadirkan narasumber Ketua Koordinator Operator dan Teknisi UNBK se-Provinsi Bengkulu Jefrinaldi. Acaranya dibuka Kepala Bidang Pendidikan SMA Dinas Pedidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu R Wahyu DP.

Koordinator Operator UNBK se-Provinsi Bengkulu Jefrinaldi menuturkan, dalam bimtek proktor diajarkan bagaimana tatacara pengisian laporan berita acara UNBK, sekaligus cara mengatasi beberapa persoalan yang ditemukan di sekolah.

Pada pelaksanaan UNBK, pelaksanaan hampir semua bertumpu pada proktor. Perlu diketahui syarat teknis sekolah penyelenggara UNBK 2018, selain memiliki server utama dan cadangan, juga harus memiliki client, jaringan internet dan jaringan area lokal.

Tugas proktor sehari sebelum UNBK digelar, sehari sebelumnya tehnisi bertugas mendownload dan mencetak bahan UN, berita acara dan daftar hadir. proktor melakukan sinrkonisasi ke server pusat sebelum hari pelaksanaan ujian berlangsung.

Saat ujian berlangsung, proktor mencetak kartu peserta yang berisi username dan password setiap peserta untuk diserahkan ke pengawas ujian. Selanjutnya, proktor menyalakan seluruh client komputer peserta. Berikutnya, kartu peserta jangan ditempel di meja. Karena dikawatirkan peserta salah memasukkan nama dan username yang diberikan.

” Kita masih memaklumi masih banyak proktor yang belum tahu tupoksi mereka. Dikarenakan mereka baru perdana melaksanakan UNBK, ” katanya.

Jefrinaldi pun membeberkan biasanya permasalahan yang terjadi di lapangan troubleshooting, misalnya kesalahan pengaturan di VM untuk adapter sehingga VM tidak berjalan. Mengatasinya proktor dan tehnisi dapat mengecek kembali pengaturan VM, atau bisa dilakukan dengan cara merestra, tukasnya. (247)