Bimtek ADD Perangkat Desa

TAIS, BE – Pemerintah Kabupaten Seluma mulai tahun 2015 mendatang, memastikan meningkatkan alokasi dana desa menjadi Rp 200 juta yang berasal dari APBD. Sedangkan ADD dari APBN, bakal dikucurkan Rp 50 juta perdesa. Guna mengelola keuangan secara benar, perangkat desa bakal mendapatkan bimbingan teknis (Bimtek)
pengelolaan keuangan desa dengan benar. Serta mempelajari Juklak dan Juknis yang ada.
“Seluruh desa diharuskan untuk menyusun anggaran pendapatan dan belanja desa sendiri. Serta membuat laporan dari penggunaan ADD itu,” kata Plt Kepala  Dinas Dinas Pendapatan Pengelolaan Keangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Seluma, Deddy Ramdhani MSE.
Bimtek akan memberikan penjelasan dan pemahaman mengenai penyusunan anggaran yang benar. Sedangkan untuk pelaksanaannya masih harus menunggu Juklak dan Juknis terkait ADD. Penyusunan APBDes bisa disusun oleh kepala desa, dengan mengelompokan potensi pendapatan yang akan diperoleh desa. Kemudian anggaran tersebut kemana akan dibelanjakan.“Bimtek akan lebih efektif jika diselenggarakan di kecamatan, dibandingkan diselenggarakan di kabupaten,” ujarnya. (333)