BI Salurkan Bantuan Air Bersih SDN 26 Kota Bengkulu

Dedikasi untuk Negeri, Sepercik Air Sejuta Masa Depan

Bank Indonesia
IST/Bengkulu Ekspress Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Bengkulu, Endang Kurnia Saputra SE MBA saat memberikan bantuan secara simbolis kepada Kepala Sekolah SD Negeri 26 Kota Bengkulu, Elfiani SPd di SD Negeri 26 Kota Bengkulu kemarin (30/8).

Bank Indonesia (BI) memberikan bantuan program sosial berupa sarana penyediaan air bersih. Melalui program sosial ini diharapkan mendukung pencapaian visi misi BI, yakni dapat mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal

REWA YOKE D,
KOTA BENGKULU

Bank Indonesia (BI) menyalurkan bantuan sarana penyediaan air bersih di Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu. Dalam kesempatan tersebut, BI memberikan bantuan kepada Sekolah Dasar (SD) Negeri 26 Kota Bengkulu. Bantuan ini merupakan bagian dari Program Sosial “Sepercik Air Sejuta Masa Depan” yang didedikasikan oleh BI untuk negeri dan digelar secara nasional sesuai kebutuhan tiap daerah.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Bengkulu, Endang Kurnia Saputra SE MBA mengungkapkan, bantuan yang diberikan berupa pembangunan bak penampungan air, pembuatan sumur bor, dan mesin penyedot air.

“Kami memilih SD Negeri 26 Kota Bengkulu adalah sekolah dipilih karena sekolah dasar ini diketahui kerap mengalami kesulitan air bersih terutama pada musim kemarau,” ujar Endang kemarin (30/8).

Endang menambahkan, dengan semangat “Dedikasi Untuk Negeri”, BI Perwakilan Bengkulu berkomitmen dan berkontribusi dalam mengatasi permasalahan sosial dan ekonomi di masyarakat.

“Salah satu upaya yang dilakukan BI Perwakilan Bengkulu yaitu menggelar Program “Sepercik Air Sejuta Masa Depan” dengan memberikan fasilitas bantuan air bersih bagi masyarakat yang kesulitan air bersih,” tambah Endang.

Dijelaskan Endang, Program Sosial “Sepercik Air Sejuta Masa Depan” merupakan bantuan BI dalam penyediaan infrastruktur air bersih di sekolah dalam bentuk pembangunan sumur bor, tangki air (toren), maupun pipa pengali dari sumber mata air.

“Program ini sebagai upaya untuk memperbaiki kualitas sekolah-sekolah yang merupakan tempat diperolehnya pendidikan bagi generasi bangsa,” jelas Endang.

Endang menambahkan, program sosial ini dilatarbelakangi oleh kualitas pendidikan di Indonesia yang kondisinya berada di bawah negara lain. Program Sosial ini merupakan karya nyata BI di setiap makna Indonesia.

Melalui kegiatan sosial tersebut, BI memberi bantuan fasilitas ke sekolah-sekolah guna menunjang kualitas pendidikan di Indonesia.

Ia mengatakan, pendidikan yang baik memberikan lebih banyak pilihan dalam berkarya. Mengingat, arah tujuan perjuangan di zaman ini adalah berjuang meningkatkan kualitas hidup. “Melalui program sosial ini diharapkan mendukung pencapaian visi misi BI, yakni dapat mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal,” tutur Endang.

Endang menerangkan, sebelum dilakukan kegiatan sosial, terlebih dahulu diusulkan daerah yang berhak memperoleh bantuan sosial tersebut, baik dalam lingkup Kantor Perwakilan (KP) dan Kantor Perwakilan Dalam Negeri (KPwDN) seluruh Indonesia. Dalam hal ini, KP dan KPw mengajukan usulan dengan disertai foto (seperti foto sungai jalur ke sekolah, kondisi air bersih di sekolah).

Kemudian kebutuhan anggaran dan rencana pemenuhannya diwujudkan dalam bentuk pipa atau sumur bor. “Jadi daerah yang terpilih akan diusulkan menerima bantuan program “Sepercik Air Sejuta Masa Depan” ini,” terang Endang.

Terakhir Endang mengatakan, melalui program ini, pihaknya berharap dapat memberikan kontribusi lebih untuk negeri dan membantu mengatasi permasalahan sosial terkait air kesulitan air bersih khususnya di sekolah-sekolah sebagai lembaga pendidikan. “Kami berharap program ini mampu meringankan kesulitan masyarakat terutama lembaga sekolah dalam mendapatkan air bersih untuk masa depan generasi penerus bangsa yang lebih baik,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SD Negeri 26 Kota Bengkulu, Elfiani SPd mengatakan pihaknya sangat berterimakasih kepada BI karena sudah membantu menyediakan air bersih untuk sekolahnya.

Ia berharap agar program sosial BI dapat terus membantu masyarakat, khususnya yang ada di Bengkulu. “Kami sangat berterimakasih karena sudah diberikan bantuan sumur bor untuk menyediakan air bersih, semoga program seperti ini akan terus berlanjut,” tukas Elfiani.(999)