Besok, Deadline Berkas PLPG

BENGKULU, BE – Ratusan guru yang dinyatakan lolos dalam program latihan profesi guru (PLPG) tahun 2015 umumnya telah melakukan pemberkasan.  Namun, beberapa diantaranya ada yang belum mengajukan berkasnya ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Bagi yang belum menyerahkan berkasnya masih ada peluang untuk memasukkan berkas tersebut. Deadline penyerahan berkas PLPG ditetapkan besok.
Bagian Komputerisasi dan Pendataan Dinas Dikbud Kota Bengkulu Yendi SIkom mengatakan, Sabtu adalah hari terakhir pengumpulan berkas. Untuk itu guru yang sudah lolos diminta segera menyusun berkas.
Proses pemberkasan itu dilakukan melalui Dapodik dan dilaporkan ke Dinas Dikbud Kota Bengkulu. Nama-nama para peserta yang dinyatakan lolos itupun telah diumumkan dan disampaikan oleh pihak Universitas Bengkulu. Di Kota Bengkulu dari 115 guru yang ikut PLPG diketahui 102 yang dinyatakan lulus PLPG dan 13 orang harus mengulang.
Berkas tersebut, lanjut Yendi, sebagai awal untuk pengusulan tunjangan profesi guru (TPG) atau dikenal tunjangan sertifikasi. Berkas yang harus dilampirkan  meliputi, tugas tambahan, TMT SK Berkala, nomor pokok wajib pajak (NPWP), rekening Bank Rakyat Indonesia (BRI), lulus PLPG Tahun 2015, dan sudah sertifikasi namun tidak tercantum namanya.
Selanjutnya berkas akan dikirim melalui dapodik  dan disampaikan ke tingkat pusat, untuk dikeluarkan Surat Keputusan (SK). Berkaca pada tahun sebelumnya, biasanya SK keluar pada bulan Maret,  harapanya   proses pencairan sertifikasi ini dapat serentak bersama guru sertifikasi lainnya. (247)