Berikan Kado Spesial untuk Guru, Sempatkan Mengajar Baca Al-Qur’an

ist/Bengkulu Ekspress SEMRINGAH: Fina Leonita saat berikan kado spesial untuk guru
ist/Bengkulu Ekspress SEMRINGAH: Fina Leonita saat berikan kado spesial untuk guru

Fina Leonita, Pelajar YES Bengkulu di Amerika Serikat (2)

Sebagai siswa pertukaran pelajar ada ketentuan untuk memenuhi minimal 50 jam kegiatan bakti sosial di komunitas sekitar. Bersama teman-teman di Key Club, Fina Leonita mengajar cara membaca Al Quran di Islamic Public Center of Ocala

=====
SELAMA di Amerika, Fina Leonita juga aktif di beberapa klub seperti Key Club dan Diverse/ ESOL sebagai bentuk partisipasi dalam kegiatan sosial. Key Club adalah kegiatan yang membangun jiwa kepemimpinan anggota melalui aktivitas sosial di komunitas masyarakat Ocala, sedangkan Diversity/ESOL adalah klub pelajar yang memberikan kesempatan bagi anggotanya untuk mengenalkan keragaman latar belakang budaya dan etnis komunitas kepada sesama pelajar.

Sebagai siswa pertukaran pelajar ada ketentuan untuk memenuhi minimal 50 jam kegiatan bakti sosial di komunitas sekitar. Bersama teman-teman di Key Club, saya mengajar cara membaca Al Quran di Islamic Public Center of Ocala (IPCO).

“Saya juga ikut membagikan permen saat hari Halloween dan mengumpulkan donasi di depan toko Honey Baked Ham. Kadang, bersama sesama pelajar Westport High School pergi ke Boys and Girls Club yaitu tempat penitipan anak di Ocala. Kami membantu menjaga dan mengawasi mereka serta bercerita untuk memotivasi anak-anak menggapai cita-citanya,” tuturnya.

Bersama Key Club, mereka juga menulis kartu ucapan bagi orang-orang yang tidak mempunyai rumah untuk menunjukkan kepedulian kami sebagai sesama manusia. “Saat akhir pekan, saya secara sukarela menjadi pembunyi bel (bell ringer) di Sam’s Club.” katanya.

Tugas saya adalah membunyikan lonceng kepada para pelanggan yang datang sekadar mengingatkan mereka untuk membagikan sedikit rezekinya bagi orang yang membutuhkan. Saya dan teman-teman Westport High School membunyikan bel sekaligus menyapa para pelanggan dan mendoakan semoga mereka menghabiskan waktu yang indah bersama keluarga di rumah.
Fina mengatakan tidak merayakan Natal karena dia adalah seorang Muslim. Namun mengaku senang bisa menjadi bagian dari rangkaian aktivitas persiapan perayaan Natal. Dia memaknai Natal sebagai momen bagi komunitas di Ocala untuk bersyukur atas nikmat dan berbagi karunia kepada sesama, terutama mereka yang membutuhkan.

“Rekan-rekan dan komunitas juga menerima saya dengan baik dan menyambut baik partisipasi saya dalam seluruh kegiatan menyambut Natal,” ujarnya.

Selama ini, Fina juga berbagi cerita mengenai Natal di Indonesia dan bahwa Indonesia memiliki keragaman seperti di Amerika meski mayoritas penduduk Indonesia adalah Muslim. Saya ceritakan bahwa semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” menjadi pemersatu bangsa dan toleransi beragama sudah mendarah daging bagi orang Indonesia.

Perayaan Thanksgiving

Hari Thanksgiving adalah hari yang digunakan sebagai ungkapan syukur atas berkat yang diperoleh sepanjang tahun. Jika dirunut sejarahnya, Thanksgiving adalah bentuk rasa syukur atas panen yang didapat. Perayaan Thanksgiving di keluarga Brown tidak hanya berlangsung pada hari Thanksgiving saja, namun beberapa hari sebelumnya kami sudah larut dalam persiapan menuju Thanksgiving. Berhubung sekolah sudah libur satu minggu menjelang Thanksgiving, “saya berpartisipasi dalam kegiatan sosial atau community service di Gereja Cornerstone menyiapkan makanan dan minuman untuk perayaan Thanksgiving serta membantu menghias dan mendekorasi gereja,” ucap Fina.

Tradisi khusus keluarga saat Thanksgiving yaitu berdoa bersama sebelum menyantap hidangan dan satu persatu menyampaikan ucapan terimakasih kepada masing-masing anggota keluarga. Setelah makan malam bersama, acara selanjutnya adalah bermain Boys, Girls, Animal ABC permainan dari Jamaika, negara tempat asal keluarga angkat saya.

Perayaan Thanksgiving juga terasa di penjuru kota Ocala. Rumah-rumah banyak dihias dengan dekorasi musim gugur bernuansa oranye, seperti buah labu, dedaunan kuning-merah musim gugur, orang-orangan sawah dan jerami. Pusat kota Ocala juga terasa semarak karena seluruh taman berhiaskan lampu warna warni hingga ke pohon-pohonya. Dekorasi ini diberi nama “Light Up Ocala”.

Bagi Fina yang baru kali ini mengikuti perayaan Thanksgiving, dia bisa merasakan dalamnya makna dari perayaan ini yaitu berterimakasih kepada orang-orang terdekat yaitu keluarga. Menurutnya, Thanksgiving adalah momentum yang tepat untuk saya berterimakasih atas segala kebaikan keluarga angkat yang telah mereka berikan kepadanya melalui masakan Indonesia, “hadiah disertai surat ucapan terimakasih kepada keluarga angkat saya yang dibacakan ketika makan malam Thanksgiving,” tutur Fina (habis)

Baca Juga Di Tengah Miniatur Dunia, Rasakan Indahnya Perbedaan