Beredar Formasi CPNS Palsu

JAKARTA – Beberapa hari belakangan ini beredar di media sosial (medsos) jadwal tes CPNS 2015, lengkap dengan formasinya. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) memastikan bahwa hal tersebut adalah palsu alias hoax.

Juru Bicara Kemenpan-RB Herman Suryatma merasa perlu mengumumkan ke publik masalah ini lantaran sudah banyak warga masyarakat yang terpengaruh dengan informasi ngawur itu.

“Karena sudah ada warga masyarakat yang mengadu ke kami untuk menanyakan kebenaran informasi tersebut. Kami pastikan tidak benar itu. Tahun 2015 ini kami belum pernah mengeluarkan jadwal penerimaan CPNS,” ujar Herman di kantornya, Jakarta, kemarin.

Terlebih, lanjut Herman, pada 2015 ini tidak ada rekrutmen CPNS.  “Ya jelas itu palsu. Bagaimana bisa kami mengeluarkan jadwal kalau tahun ini tidak ada rekrutmen. Informasi di medsos itu bohong, jangan dipercaya,” tegasnya.

Informasi di medsos itu, duganya, merupakan bagian dari cara para penipu untuk menjerat mangsanya. Dengan menyebar informasi jadwal dan formasi CPNS, mereka berharap para peminat panik dan meminta “jasa” dengan menyetor sejumlah yang.

“Info yang beredar tersebut jelas bohong, dan hanya spekulasi dari pihak-pihak yang akan mengambil keuntungan pribadi. Karena itu, kami mengimbau agar masyarakat mengabaikan hoax tersebut. Jangan ditanggapi. Abaikan saja,” tegas Herman.

Khusus kepada para honorer K2 yang akan diangkat menjadi CPNS secara bertahap, Herman mengingatkan agar tetap tenang, tidak terpengaruh dengan iming-iming calo yang mengklaim bisa memuluskan mereka mendapatkan NIP. Termasuk juga para bidan desa PTT yang juga akan diangkat menjadi CPNS, agar hati-hati dalam mencerna sebuah informasi,

“Tidak ada pungutan sama sekali. Seluruhnya dibiayai dari uang negara, melalui APBN/APBD,” ujarnya. (jpnn)