Bentuk Tim Saber Pungli Lintas Lembaga

kapolda_bengkulu_yovianes-mahar
Kapolda Bengkulu Brigjend Pol Drs Yovianes Mahar

BENGKULU, BE – Gerakan sapu bersih pungutan liar (saber pungli) di tubuh Polri dan instansi di luar Polri di Provinsi Bengkulu yang diinstruksikan Presiden RI, ditindaklanjuti oleh Polda Bengkulu. Setelah sebelumnya membentuk tim saber pungli di internal Polda, pihak Polda Bengkulu juga membentuk tim satuan tugas (Satgas) bersama pihak pemerintah daerah, Korem, Kejaksaan, dan unsur terkaitnya lainnya untuk memberantas pungli di seluruh jajaran di luar Polri.

Kapolda Bengkulu Brigjend Pol Drs Yovianes Mahar mengatakan, dirinya telah berkoordinasi langsung dengan Gubernur Bengkulu, Dr Ridwan Mukti untuk membicarakan langkah-langkah dalam pembentukan Satgas dari pihak Kepolisian, TNI, Kejaksaan dan Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu. “Saya sudah berkoordinasi langsung dengan Pak Gubernur untuk langkah-langkahnya,” jelasnya, kemarin (11/11).

Yovianes menambahkan, untuk internal Polri sendiri, pihaknya telah membentuk tim. Namun untuk di luar internal Pori, pihaknya bekerjasama dengan instansi terkait yang dinamakan Satgas di bawah naungan pemerintah daerah. “Dengan itu berarti menyatunya seluruh elemen dan instansi,” ujarnya.

Kapolda menegaskan, untuk operasi pungli ini, selain melakukan oprasi tangkap tangan (OTT) secara langsung, juga menerima laporan dari masyarakat seperti video atau yang lainnya. “Kita pasti menerima laporan dari masyarakat dan itu pasti akan kita tindaklanjuti,” tegasnya.

Pengukuhan tim Satgas dari seluruh elemen ini akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini, setelah selesai berkoordinasi dengan seluruh yang terkait didalamnya. Sementara untuk internal Polri timnya sudah dibentuk beberapa hari yang lalu. “Dalam dekat ini untuk keseluruhan pemerintah daerah,” tutupnya.

Diketahui, untuk tim satgas di internal Polri telah dilakukan dan disosialisasikan, Selasa (8/11) lalu, yang dipimpin langsung oleh Wakapolda Bengkulu, Kombes Pol Drs Adnas MSi. Wakapolda menyatakan, sebelum pihaknya melakukan pembersihan di luar internal Polri, pihaknya harus membersihkan pungli yang ada di dalam tubuh Polri itu sendiri.

“Untuk itulah sebelumnya kita melaksanakan sosialisasi, untuk memberikan peringatan kepada seluruh personel Polri, agar semua anggota Polri menghilangkan seluruh kegiatan pungli,” imbaunya.

Selain melaksanakan sosialisasi terhadap unsur pimpinan di Polda Bengkulu dan jajarannya, Wakapolda berpesan kepada seluruh Wakapolres di jajaran Polda Bengkulu, dapat melakukan sosialisasi tentang Pungli di masing-masing jajarannya, supaya tidak ada lagi anggota yang berani melakukan pungli.

“Jika ini disosialisasikan, maka kita harapkan para petugas kita yang berada di bidang pelayanan bisa terhindar dari semua apa yang namanya pungli,” tegasnya. (614)